tips anti maling- rumah123.com Ilustrasi Pencuri Masuk Ke Rumah. Pemilik Rumah Harus Mengetahui Modus Pencuri Rumah Kosong. Pelajari Juga Tips Anti Maling (Foto: Rumah123/Getty Images).

Dua pelaku pencuri spesialis rumah kosong berhasil ditangkap. Mereka menggunakan linggis dan kunci saat beraksi. Saatnya untuk terapkan tips aman anti maling.

Polisi berhasil menangkap dua komplotan maling yang mengincar rumah kosong di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Keduanya memiliki modus operasi yang berbeda.

Komplotan pertama menggunakan linggis untuk membongkar paksa rumah. Sedangkan, komplotan kedua mempunyai sejumlah kunci untuk memaksa masuk ke rumah.

Baca juga: Tips Aman di Rumah: Aksi Penculikan Balita Terjadi di Bekasi, Saatnya untuk Antisipasi

Situs berita online CNN Indonesia mengutip pernyataan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Komisaris Besar Argo Yuwono menyatakan bahwa penangkapan itu berawal dari laporan yang masuk ke polisi pada Mei 2019 lalu.

Argo mengatakan ada laporan pencurian yang masuk ke Kepolisian Resor Bekasi. Pemilik rumah meninggalkan rumah dan kemudian mendapati rumahnya telah dibobol maling.

Beberapa bulan lalu, pencuri spesialis rumah kosong juga ditangkap di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten. Mereka menggunakan modus sebagai tamu.

Baca juga: Mau Tahu Kamar Mana yang Ga Bakal Dimasuki Maling?

Mereka berpakaian rapi dan menggunakan mobil mewah. Salah satu pelaku adalah wanita berpakaian rapi. Dia berpura-pura bertamu.

Jika rumah kosong, komplotan segera beraksi. Namun, kalau rumah ada penghuninya, mereka pura-pura salah alamat.

Pelaku Menggunakan Linggis dan Kunci

Salah satu komplotan terdiri dari dua orang. Pelaku berinisial OM telah ditangkap, sementara rekannya S masih diburu polisi. S sudah masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

OM berperan sebagai eksekutor, sementara S menjadi joki. Keduanya mencari sasaran rumah dengan mengendarai sepeda motor. OM dan S mengaku baru dua kali melakukan aksinya.

Setelah mengetahui rumah kosong, pelaku berhenti dan mengawasi apakah ada orang yang lewat. OM akan membongkar kaca jendela rumah dengan linggis berukuran kecil. S akan berjaga memantau situasi.

Usai mengambil barang, OM dan S akan menjual barang yang didapatkan dan membagi uang yang didapatkan. OM dan S sempat mengambil uang tunai sebesar Rp240 juta di Pondok Ungu, Bekasi.

Pelaku lainnya DH malah beraksi sendirian. DH juga merupakan pencuri spesialis rumah kosong. Dia ditangkap pada 18 Juli di rumahnya di Jakarta Timur.

DH sudah beraksi sebanyak 12 kali di Bekasi. Dia membawa sejumlah kunci yang dipakai untuk membuka pintu rumah sasaran korban. DH akan mencoba sejumlah kunci untuk memaksa masuk.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari DH berupa belasan jam tangan berbagai merek, laptop, dan juga uang tunai senilai Rp2,4 juta.

Tips Aman Anti Maling

Pemilik rumah pastinya tidak ingin menjadi korban kejahatan. Saatnya untuk melakukan tindakan preventif agar rumah aman dari spesialis rumah kosong. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Pertama, memakai sistem kunci ganda. Pasang kunci ganda pada pintu dan jendela. Pencuri biasanya masuk melalui salah satu akses ini. Jika perlu, pemilik rumah bisa memasang teralis.

Kedua, menggunakan teknologi pintar. Pemilik rumah bisa memasang CCTV, alarm, hingga alat yang mengatur lampu menyala dan mati secara otomatis.

Ketiga, memasang lampu pada area tertentu di luar rumah. Saat meninggalkan rumah di malam hari, area halaman akan terlihat terang benderang sehingga pencuri berpikir dua kali untuk melakukan aksinya karena takut ketahuan atau terlihat tetangga pemilik rumah.

Keempat, menyimpan barang berharga di kamar tidur anak. Tips ini memang unik karena biasanya pencuri tidak menyangka kalau orang menyimpan barang berharga di sini. Kalau ada barang berharga lainnya, simpan di safe deposit box.

Kelima, beritahu tetangga, petugas keamanan, dan pengurus RT (Rukun Tetangga). Kalau pergi dalam waktu lama, beritahu mereka semua. Jadi tetangga, petugas keamanan, dan pengurus RT mengetahui jika pemilik rumah memang pergi.

Bagikan: 548 kali