Tawon Vespa Affinis- Rumah123.com Sarang Tawon Vespa Affinis Ditemukan Di Dua Tempat Di Jakarta Timur. Tawon Jenis Ini Berbahaya, Apalagi Jika Menyerang Secara Berkelompok (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tawon Vespa Affinis kembali ditemukan di sebuah pohon di Jalan Cilingup Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (01/07/2019). Jika kamu menemukan sarang tawon jenis ini, sebaiknya kamu berhati-hati dan segera memberitahukan kepada pihak berwenang.

Sebelumnya, sarang tawon ini juga ditemukan di sebuah pohon di Jalan Swadaya Raya, Duren Sawit pada Rabu (20/03/2019) lalu. Tawon jenis ini tergolong salah satu jenis tawon yang berbahaya dan bisa mematikan.

Sekedar mengingatkan kalau tawon Vespa Affinis pernah menelan korban. Sebanyak tujuh orang tewas tersengat tawon di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Januari 2019. Lantas pada April 2019, lima pelajar di Kediri, Jawa Timur terkena sengatan tawon yang sama.

Baca juga: Mau Rumah Bebas dari Gangguan Nyamuk? Jangan Gantung Pakaian!

Situs Kompas.com mengutip pernyataan dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur yang mengimbau warga agar segera melapor jika menemukan sarang tawon berukuran besar. Warga bisa menghubungi nomor 112.

Warga juga diminta menjauhi sarang tawon berukuran besar agar tidak diserang oleh para tawon. Masyarakat pun diminta agar segera menghubungi petugas untuk mengamankan sarang tawon.

Selain itu, warga diharapkan tidak nekat untuk untuk merusak sarang. Namun, jika sarang masih berukuran kecil, tidak ada salahnya untuk merusaknya agar tidak membesar. Ingat ya, hati-hati saat menghancurkan sarang.

Ada sejumlah hal yang perlu diketahui mengenai tawon Vespa Affinis ini. Tentunya sebagai bagian dari pencegahan jika kamu menemukan tawon ini di sekitar rumah.

Baca juga: Rumah Lebah yang Terinspirasi dari Desain Jepang dan Belanda

Tawon Vespa Affinis- Rumah123.com Sarang Tawon Vespa Affinis. Jika Kamu Menemukan Sarang Tawon Jenis Ini, Segera Hubungi Dinas Pemadam Kebakaran Setempat (Foto: Rumah123/Getty Images)
 

Ukuran, Bentuk, dan Ciri-ciri

Tawon Vespa Affinis mempunyai ukuran tubuh kecil, kira-kira sepanjang kurang lebih tiga sentimeter. Warnanya didominasi hitam dengan warna kuning atau oranye pada bagian tengah atau perut.

 

Lokasi Hidup dan Berkembang Biak

Tawon ini hidup di kawasan subtropis Asia seperti Hong Kong, Sri Lanka, Taiwan, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan juga Indonesia. Tawon ini mencari tempat dengan pohon yang rimbun atau rindang. Tawon ini juga menjadi predator serangga lainnya.

 

Sengatan Tawon

Kalau hanya satu dua tawon yang menyengat, sebenarnya sengatan tidak berbahaya. Kompas.com melansir pernyataan peneliti biologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Rosichon Ubaidillah yang menyatakan tawon ini berbahaya ketika melakukan penyerangan secara berkelompok.

 

Cara Mengatasi Sengatan

Sengatan tawon bisa menyebabkan korban mengalami alergi dengan gejala bengkak. Untuk menanganinya, bisa dengan cara kompres menggunakan es atau obat antihistamin dan corticosteroid. Jika tawon menyerang dalam jumlah banyak, segera bawa korban ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Tawon ini mempunyai racun sengat yang dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematian.

 

Bisa Menyebabkan Serangan Bersama

Saat tawon Vespa Affinis menyengat pertama kali, tawon bakal mengeluarkan feromon. Senyawa ini bisa memicu tawon lain menyerang. Serangan pertama ini bisa memicu serangan koloni lebah yang mematikan. Ingat ya, tawon akan menyerang kalau merasa terganggu dan terancam.

 

Memindahkan Sarang Harus Benar

Sebenarnya memindahkan sarang tawon bisa dilakukan secara aman dan benar. Sejumlah alat yang dibutuhkan memang sederhana seperti kantong plastik bening yang agak tebal, pisau, kapas, dan cairan etil asetat yang bisa membuat tawon pingsan. Sebaiknya sarang dipindahkan saat malam hari. Lebih baik lagi untuk memindahkannya meminta bantuan petugas pemadam kebakaran.

Bagikan: 3668 kali