Ilustrasi Pembobol Rumah Kosong (Foto: Rumah123/Realestate.com,au)

Buat kamu yang pergi meninggalkan rumah selama beberapa waktu, ada hal yang mesti diwaspadai lho. Para pembobol rumah kosong mengincar rumah dengan lampu yang menyala.

Kepolisian Depok berhasil menahan dua pencuri spesialisasi rumah kosong di Kota Kembang, Cilodong, Jawa Barat pada Minggu (20/01/2019).

Para pelaku yang terdiri dari dua orang tersebut mengincar rumah-rumah kosong yang lampunya menyala ketika siang hari. Nah, ini perlu kamu perhatikan ya gaes.

Baca juga: Mau Tahu Kamar Mana yang Ga Bakal Dimasuki Maling?

“Dua orang ini baru keluar dari Rutan Cilodong pada November 2018 lalu dengan kasus yang sama. Kemudian sekarang mereka lakuin aksinya lagi,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Depok Komisaris Polisi Deddy Kurniawan seperti dikutip oleh Kompas.com.

Para pembobol rumah kosong ini melakukan pemantauan. Mereka berputar berkeliling kompleks perumahan menggunakan motor.

Mereka mencari rumah dengan lampu yang menyala pada siang hari. Para pelaku menandai kalau penghuni meninggalkan rumah tersebut.

Baca juga:  Pembobol Rumah Punya Modus Baru, Jangan Mau Kalah Ya Gaes

Para pelaku beraksi pada malam harinya. Mereka akan mencongkel jendela atau pintu lantaran sudah tahu rumah kosong.

Nah, ini pelajaran buat kamu yang meninggalkan rumah dalam keadaan seperti ini. Pembobol rumah kosong menandai rumah tidak berpenghuni kalau lampu, biasanya lampu halaman atau beranda masih menyala pada siang hari.

Jika kamu meninggalkan rumah dalam waktu lama, kamu bisa meminta petugas keamanan atau Ketua RT (Rukun Tetangga) untuk menyalakan dan mematikan lampu. Kamu juga bisa meminta mereka untuk mengawasi rumah.

Baca juga:  Pembobol Rumah Kosong di Tangerang Sudah 7 Kali Beraksi, Selalu Waspada Ya Gaes

Kalau mau cara lebih canggih lagi, kamu bisa memanfaatkan smarthome. Sudah banyak piranti yang mengatur lampu menyala dan padam dengan sensor cahaya.

By the way, jangan lupa untuk memasang kamera CCTV yang terhubung dengan smartphone. Tentunya supaya kamu bisa memantau kondisi rumah setiap saat.

Bagikan: 6052 kali