waskita

Waskita jual jalan tol ke swasta. Ada alasan apa PT Waskita Toll Road sampai harus melepas 5 rual tol sekaligus. Yuk, disimak kisah lengkapnya berikut ini.

Rencana perseroan yang ingin melakukan divestasi atau menjual jalan tol ini tidak terlepas dari situasi pandemi yang melanda dua tahun terakhir.

Untuk kamu yang belum tahu apakah arti dari divestasi?  Divestasi adalah pengurangan jenis aset finansial atau barang yang dimiliki perusahaan.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC Indonesia, Direktur Utama PT Waskita Toll Road Septian Andri Purwanto mengatakan nilai aset tol menurun, karena transaksi harian yang anjlok.

Setidaknya ada 5 ruas jalan tol yang akan dijual. Bahkan, tiga ruas jalan tol di antaranya sudah didivestasi. Hal ini menjadi alasan Waskita jual jalan tol.

Ketiga ruas jalan tol itu, yakni Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Sumatra. Lalu, Cinere-Serpong do Tangerang dan Semarang-Batang di Jawa.

Sedangkan, dua jalan tol yang akan dijual adalah Cibitung-Cilincing dan Cimanggis-Cibitung, dua ruas tol yang ada di kawasan penyangga Jakarta.

"Sampai dengan bulan lalu sudah lima ruas yang didivestasi. Saat ini kita masih ada PR dua ruas tol lagi yang didivestasi," katanya.

Waskita Jual Jalan Tol Sebagai Cara Membuka Diri untuk Investor Asing

waskita

Jalan tol yang akan dijual hingga akhir tahun oleh perusahaan plat merah itu terdapat lima ruas.

Andri menerangkan  proses penjualan salah satu ruas  sudah berada di tahap akhir, dan akan diinformasikan lebih lanjut kepada publik.

Sedangkan, untuk ruas jalan tol lainnya akan didivestasi kepada investor dari dalam negeri.

"Kita punya beberapa ruas tol yang layak untuk investor. Tidak menutup kemungkinan melakukan divestasi kepada investor asing," ujar Andri.

Selain itu, Waskita Toll Road juga membuka kemungkinan potensi investasi oleh Indonesia Investment Authorities (INA).

"Kita sudah bertemu dengan INA, tapi appetite-nya lebih ke ruas yang fully operated, sementara kami hanya punya Trans Jawa," papar Andri.

Lebih lanjut dia menambahkan, perseroan sudah menawarkan dan sampai minggu lalu masih studi traffic.

"Diharapkan tahun ini dengan INA minimal satu ruas di Jawa," ujar Septian Andri Purwanto.

Nah, inilah ulasan Waskita jual jalan tol. Sejumlah ruas tol di beberapa wilayah ternyata sudah didivestasi.

Rumah123.com pernah membahas mengenai keunikan  Tol Semarang-Demak  yang terbuat dari bambu.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Trevista Park.

Bagikan:
296 kali