Kuil, salah satu pesona Ubud selain sawah. Foto: Rumah123/Getty
 

Kota favorit apa yang ingin kamu datangi? Atau sudah pernah kamu jejaki, tapi ingin kamu datangi lagi, dan lagi? Pesona kota emang beda-beda, bisa aja dulunya merupakan ibu kota kerajaan kuno, semisal Kota Siem Reap di Kamboja, atau kota pusat kesehatan spiritual macam Ubud di Bali. Bisa juga merupakan kota pusat budaya dan keuangan global seperti Tokyo. Pokoknya, gak ada kota yang sama deh!

Situs travelandleisure.com (Travel+Leisure = T+L) memberi peringkat 10 kota paling ngetop se-Asia. Asal kamu tau aja, setiap tahun T+L mensurvei pembacanya untuk menentukan Penghargaan Terbaik Dunia (the World’s Best Awards). Para pembacanya diminta untuk mempertimbangkan pengalaman perjalanannya di seluruh dunia. Kemudian mereka membagi pendapatnya tentang kota-kota teratas menurut favorit mereka. Memberi peringkat kota pada tempat wisata dan landmark-nya, budaya, masakan, keramahan, belanja, dan memberi skor keseluruhannya.

Baca juga: Pengen Punya Vila di Bali? Kebetulan, Metland Nawarin Royal Venya Ubud

Hannah Walhout menuliskan 10 Kota Ngetop di Asia 2018 hasil survei tersebut di situs T+L pada 10 Juli 2018. Thimphu, ibu kota dataran tinggi Bhutan, berada di peringkat 10. "Thimphu memiliki segalanya untuk ditawarkan: pemandangan indah, monumen, taman nasional, makanan enak, dan orang-orang hebat. Kota ini harus dikunjungi semua orang.” tulis seorang responden.

Kabar baiknya, Ubud yang ditandai dengan sawah dan kuilnya di dataran tinggi Bali naik peringkat dari nomor 7 pada 2016 jadi nomor 4 pada 2017, dan nomor 2 pada 2018 ini. Salah satu responden menyebutnya "pusat budaya Bali". Amandari di Ubud ditempatkan pada daftar hotel favorit pembaca T+L tahun ini. Sedangkan Four Seasons Resort Bali di Sayan menempati peringkat 1 hotel terbaik di dunia.

Baca juga: Katanya, Vilatel-lah yang Banyak Dicari di Ubud, Kenapa Ya?

Ubud merupakan satu dari enam kota Asia yang pegang peranan terbesar dalam hal pariwisata. Ke-10 kota paling ngetop di Asia ini memperlihatkan bahwa kota-kota di Laos, Vietnam, Kamboja, Indonesia, dan Thailand merupakan wilayah yang menarik dan terus saja populer di mata wisatawan Amerika.

Apa aja sih ke-10 Kota Ngetop Se-Asia tersebut? Simak kota-kota berikut ini sekaligus skornya:

Ke-1, Udaipur, India (89,31)

Ke-2, Ubud, Indonesia (88,74)

Ke-3, Kyoto, Jepang (88,42)

Ke-4, Luang Prabang, Laos (88,20)

Ke-5, Hoi An, Vietnam (88,09)

Ke-6, Chiang Mai, Thailand (87,93)

Ke-7, Tokyo, Jepang (86,96)

Ke-8, Bangkok, Thailand (86,71)

Ke-9, Siem Reap, Kamboja (86,54)

Ke-10, Thimphu, Bhutan (86,23)

*

 

Bagikan: 606 kali