Sebaiknya para wanita hamil jangan melakukan 7 aktivitas ini dulu ya!

Untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan, wanita hamil tentunya harus memperhatikan betul asupan nutrisi selama kehamilan. Selain itu, mereka juga harus lebih berhati-hati dalam melakukan sejumlah aktivitas. Sebab, pada fase ini, kondisi tubuh wanita hamil lebih rentan daripada sebelumnya.

Untuk menghindari hal-hal yang dikhawatirkan bisa membahayakan ibu dan janin, sebaiknya para wanita hamil jangan melakukan 7 aktivitas ini dulu ya!

Membersihkan kotoran kucing

wanita hamil - rumah123.com

Wanita hamil seringkali dilarang untuk bermain dengan kucing. Sebenarnya, boleh-boleh saja bermain kucing, namun yang wajib dihindari adalah membersihkan kotoranya. Sebab, kotoran kucing merupakan habitat untuk parasit toksoplasma yang berbahaya bagi ibu hamil. Ketika terkena infeksi toksoplasma, ibu hamil berisiko tinggi untuk keguguran. Apabila bayi tetap dapat lahir dengan selamat, kemungkinan bayi akan mengalami kerusakan pada otak dan mata.

Berbaring telungkup

Ketika berbaring dengan posisi telungkup, otomatis perut akan mendapatkan tekanan. Posisi ini bisa mencederai janin, terutama jika dilakukan di trimester pertama kehamilan.

Terlalu lama berdiri

Menurut sebuah riset yang dilakukan di Belanda, berdiri terlalu lama ketika hamil bisa menyebabkan hambatan pada pertumbuhan bayi. Apabila kehamilan sudah memasuki trimester tiga, wanita hamil bisa mengalami kaki bengkak dan nyeri punggung. Untuk itu, hindari kegiatan yang mengharuskan kamu berdiri terlalu lama.

Sauna dan berendam air panas

Sauna dan berendam air panas memang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks bagi sebagian orang. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sauna saat hamil bisa meningkatkan kelahiran cacat dan spina bifida – kelainan di tulang belakang – pada bayi. Risiko ini muncul akibat suhu di dalam suhu yang panas, sehingga ibu yang hamil tidak dapat mengeluarkan panas tubuhnya dan akhirnya terjadi hipertemia.

Membersihkan kamar mandi

wanita hamil - rumah123.com

Wanita hamil juga harus waspada dengan bahan kimia yang kerap digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Beberapa zat kimia yang ada di produk tersebut dapat membahayakan kondisi janin. Sebagai gantinya, kamu bisa membersihkan kamar mandi menggunakan bahan-bahan alami seperti soda kue, atau cuka.

Mengecat dinding

Bahan kimia yang terkandung di dalam cat dinding bisa berbahaya bagi kesehatan janin jika sang ibu melakukan kontak langsung dengan benda tersebut. Untuk itu, kamu yang sedang hamil jangan melakukan hal ini dulu ya.

Mengonsumsi daging yang belum matang

wanita hamil - rumah123.com

Daging dalam kondisi mentah atau matang tidak sempurna dapat menimbulkan risiko kontaminasi bakteri seperti coliform, toxoplasmosis dan salmonella. Pastikan ibu hamil lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi ya!

Itu dia 7 aktivitas yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Meskipun banyak pantangan, bukan berarti kamu hanya bisa berdiam diri saja. Pastikan kamu aktif secara fisik supaya dapat mencegah komplikasi, meningkatkan kualitas tidur, mengatasi mood dan mempermudah proses persalinan.

Nah, itulah 6 pekerjaan rumah yang pantang dilakukan oleh ibu hamil. Yuk, jaga kesehatan ibu dan janin sebaik mungkin!

Bagikan: 7630 kali