Ketika menyusun biaya nikah, calon pengantin pasti lebih sering fokus pada hal-hal yang sifatnya besar.

Misalnya seperti biaya venue, katering, hingga dekorasi. Memang sih, hal-hal tersebut paling banyak memakan biaya dan wajib diperhatikan supaya pernikahanmu tetap on budget.

Tapi, bukan berarti kamu nggak memperhatikan perintilan-perintilan kecil yang terkesan sepele. Sebab tanpa disadari, hal sepele tersebut justru bisa bikin biaya nikah membengkak jika tak dikalkulasikan secara tepat!

Supaya kamu nggak bangkrut karena kecolongan, sebaiknya ketahui dulu pengeluaran kecil tapi besar dalam pesta pernikahan ini.

Biaya vendor non rekanan

biaya nikah - rumah123.com

Umumnya, venue pernikahan yang dipilih sudah memiliki vendor rekanan, baik itu untuk baju pernikahan, katering, makeup, hingga dekorasi. Mereka akan menjadikan vendor tersebut ke dalam satu paket.

Apabila menggunakan vendor di luar rekanan, kamu bisa dikenakan biaya tambahan, bahkan mencapai 30% per vendor-nya. Angka yang besar bukan?

Baca juga: 4 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Bawah Rp 20 Juta Buat Intimate Wedding

Jumlah undangan

biaya nikah - rumah123.com

Jumlah tamu yang diundang punya peranan besar dalam menentukan biaya nikah yang dikeluarkan. Jika kamu menambah jumlah tamu undangan, tentu ada tambahan juga pada anggaran katering.

Untuk itu, nggak ada salahnya memangkas jumlah tamu hingga 20% dari target tamu undanganmu. Selain lebih hemat, pernikahanmu juga bisa lebih khidmat!

Seragam bridesmaid

biaya nikah - rumah123.com

Beberapa tahun belakangan, bridesmaid sedang menjadi tren pernikahan. Biasanya teman-teman terdekat pengantin wanita akan diberikan seragam, agar identitas mereka nantinya terlihat. Semakin banyak teman yang dijadikan bridesmaid, tentu semakin besar pula dana yang harus dikeluarkan.

Belum lagi mereka harus menjahit bahan yang kamu berikan. Artinya teman-temanmu pun harus mengeluarkan dana lebih. Lebih baik jika kamu memberikan dresscode yang warnanya senada. Kamu dan teman-temanmu bisa lebih hemat deh!

Transportasi dan akomodasi keluarga jauh

biaya nikah - rumah123.com

Punya keluarga besar yang tinggal jauh dari tempatmu menikah? Siap-siap mengeluarkan dana lebih untuk biaya transportasi dan akomodasi mereka. Untuk menekan bujet, kamu bisa memilih venue pernikahan yang nggak jauh dari rumah. Dengan begitu, keluarga besarmu bisa menginap di rumahmu.

Baca juga: Pesta Pernikahan Ratusan Juta, Abis itu Numpang Ama Mertua, Ihhh!

Undangan dan souvenir

biaya nikah - rumah123.com

Walaupun terkesan murah, undangan dalam bentuk cetak juga bisa bikin biaya nikah membengkak lho! Katakan saja harga satu undangan sebesar Rp10.000, dengan jumlah undangan sebanyak 500 orang.

Artinya, kamu harus mengeluarkan Rp5.000.000. Prioritaskan undangan cetak untuk mereka yang menjadi tamu spesial di pernikahanmu, atau mereka yang kesulitan untuk mengakses internet. Sisanya, gunakan undangan digital dan sebar melalui chat atau media sosial.

Begitu juga dengan souvenir. Nggak perlu pilih yang mahal. Dengan mengandalkan ide kreatif, kamu bisa membuat souvenir sendiri dengan modal lebih murah, dan tentunya lebih meninggalkan kesan.

Wajar saja jika kamu mau memberikan yang terbaik pada momen sekali seumur hidup seperti resepsi pernikahan. Tapi, bukan berarti  biaya nikah membengkak sampai kamu pun tekor.

Sesuaikan pesta dengan bujet yang dimiliki. Lalu, pangkas yang menurutmu masih bisa dipangkas. Tentu kamu nggak mau kan kesulitan finansial setelah resepsi selesai nanti?

Bagikan: 4435 kali