Foto: Rumah123/Getty   

Kamu ingin menjual rumah? Tentunya kamu suka kalau mendapatkan harga jual yang terbagus, bukan? Meskipun harga properti memang cenderung meningkat, tapi amati tren harga properti di kawasan properti kamu berada. Kamu juga ingin propertimu itu cepat laku kan? Untuk itu, kamu perlu tahu waktu atau timing yang tepat untuk menjual propertimu.

Gimana cara menentukan waktu atau timing yang pas untuk menjual properti? Simak poin-poin berikut:

Baca juga: Gampang-Gampang Susah lho Jual Rumah, Pahami Kiatnya!

Cari tahu rencana pengembangan wilayah di sekitar lokasi propertimu.

Mungkin di kawasan propertimu itu ada rencana pembangunan infrastruktur baru, semisal jalan, pasar, sekolah atau kampus, dan lainnya. Tunggu sampai rencana itu dirilis ke publik, barulah kamu jual propertimu. Pasalnya, harga propertimu bakal terdongkrak dengan sendirinya.

Baca juga: Jangan Bikin Kesalahan Ini Saat Mau Jual Rumah Ya

Sabar melepasnya ke pasar.

Kalau di sekitar lokasi propertimu ada proyek rumah atau apartemen yang sedang dibangun, maka cek harganya. Kalau selisihnya dengan harga propertimu gak terpaut jauh, maka tahan dulu propertimu. Pembeli mungkin akan membandingkannya dengan harga properti baru yang sedang dibangun itu. Tunggu sampai properti baru itu sold out, nah barulah kamu lepas propertimu ke pasar.

Tahan dulu kalau inflasi sedang tinggi.

Inflasi merupakan indikator harga. Kalau inflasi sedang tinggi akan mendorong tingginya suku bunga acuan bank Indonesia (BI), dan ini akan menyebabkan suku bunga KPR/KPA pun tinggi. Pembeli yang menggunakan KPR/KPA akan menahan niat mereka membeli properti pada saat ini. Sehingga, mengurangi peminat properti yang akan kamu jual. Alhasil, kamu gak maksimal mendapatkan harga jual terbaik.

*

Bagikan: 1100 kali