tes psikotes kerja

Tes psikotes kerja menjadi salah satu tahapan seleksi ketika kamu melamar kerja di perusahaan. Apa saja sih soalnya dan bagaimana jawabnya?

Ketika kamu melamar kerja di sebuah instansi swasta, bakal melalui tes psikotes untuk melihat kemampuan kinerja.

Demikian juga bila kamu ingin daftar CPNS 2021 SMA, tentu harus menempuh tes psikotes cpns sebagai syaratnya.

Perlu diingat tes psikotes kerja tidak sama dengan tes psikotes SMA. Perbedaannya terletak pada tingkat kesulitannya.

Bila kamu belum paham tes psikotes itu apa? Tes psikotes adalah tes untuk menilai fungsi kognitif dan emosional serta memberikan gambaran kepribadian.

Nah, sebelum kamu mengetahui apa saja tes psikotes kerja online, ketahuilah terlebih dahulu sejumlah trik untuk menjawabnya.

tes psikotes kerja

Trik Menjawab Tes Psikotes Kerja Agar Sukses Mengerjakan

Ada sejumlah langkah yang wajib diperhatikan pada saat menjawab tes psikotes. Rumah123.com akan memberikan tips dan trik di bawah ini ya.

1. Periksa dan Pahami Soal Psikotes

Setelah menerima soal, luangkan beberapa menit untuk memeriksanya dan memahami jenis soal tes psikotes kerja online.

Ketika memahami format soal akan memberimu gambaran yang lebih baik tentang bagaimana mengatur waktu dalam menjawab soal.

2. Tentukan Waktu untuk Kerjakan Soal

Umumnya, tes psikotes kerja memiliki persyaratan waktu, sehingga penting untuk mengerjakannya sesuai waktu yang ditentukan.

Agar sukses menjawab soal, tentukan waktu berapa lama yang dimiliki untuk setiap pertanyaan.

3. Kerjakan Soal Sesuai Urutan

Agar efisien, kamu bisa menjawab soal sesuai urutan. Bila kamu kesulitan menjawab pertanyaan tertentu, beri tanda di sebelahnya.

Setelah selesai dengan setiap bagian dari tes, kembali ke pertanyaan yang belum dijawab dan selesaikan.

4. Strategi Eliminasi Saat Menjawab Soal

Bila menemukan pertanyaan tes psikotes kerja yang tidak diketahui jawabannya, baca dengan cermat setiap kemungkinan jawaban.

Kemudian, gunakan eliminasi pilihan yang paling tidak masuk akal. Gunakan nalar serta pengetahuan kamu tentang topik psikologis.

7 Jenis Soal Tes Psikotes Kerja yang Harus Kamu Pelajari

Berikut ini ragam soal psikotes dan jawabannya. Kamu wajib tahu dan mempelajari ya, agar lolos ke tahap selanjutnya.

1. Tes Kemampuan Verbal

Psikotes ini berisi 40 soal mengenai sinonim, antonim, analogi serta korelasi makna. Kamu harus memahami tes ini secara perlahan.

Tes psikotes kerja tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menghadapi situasi tertentu.

Kamu harus mengingat sebanyak-banyaknya kosakata beserta artinya. Selain itu, gunakan logika berpikir kamu.

2. Tes Psikotes Wartegg

tes psikotes kerja

Tes ini bertujuan mengetahui karakter diri seseorang. Contohnya, kemampuan menyelesaikan masalah dan kemauan dalam bekerja.

Dalam tes psikotes wartegg, kamu akan diberikan kertas yang berisi 8 kotak dengan pola berbeda-beda,

Trik mengerjakan tes ini adalah sebaiknya jangan terlalu terburu-buru. Cobalah untuk memahami pola-pola itu terlebih dahulu.

3. Tes Logika

tes psikotes kerjaKalau melamar pekerjaan sebagai data analyst atau finance, bisa jadi kamu pasti akan diberikan soal ini, jadi harus bersiap ya.

Trik mengerjakan soal tersebut adalah kamu harus melihat keseluruhan deret angka dengan cara membaca polanya.

Jangan terlalu terfokus pada beberapa angka yang ada di depan. Masalahnya, angka-angka itu biasanya belum mewakili dengan baik.

4. Tes Logika Deret Gambar

tes psikotes kerja

Tes ini memiliki konsep yang sama seperti tes logika aritmatika. Tetapi, yang membedakannya adalah penggunaan media gambarnya.

Trik untuk mengerjakan psikotes logika deret gambar adalah konsentrasi dan memperhatikan betul-betul polanya.

5. Tes Kraeplien/Pauli (Koran)

tes psikotes kerja

Tes yang popular dikenal dengan sebutan tes koran ini berisikan soal deretan angka-angka, mulai dari 0-9 yang tersusun dengan vertikal.

Trik mengerjakan tes koran, pertama, jumlahkan dua angka yang saling berdekatan. Perhatikan secara perlahan ya.

Kemudian, tulis hasil penjumlahan di sebelah kanan, di antara dua angka yang dijumlahkan. Selanjutnya, tulis hanya angka terakhir apabila jawaban berjumlah dua digit.

6. Tes Menggambar

tes psikotes kerja

Di dalam tes ini kamu disuruh untuk menggambar pohon atau manusia di kertas. Gambar pohon yang harus kamu buat adalah pohon yang memiliki ranting.

Sedangkan bila menggambar manusia, gambarlah secara proposional. Usahakan ada gambar anggota tubuh yang lengkap dan komposisi wajah seimbang.

7. Psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

tes psikotes kerja

Tes psikotes EPPS merupakan yang paling mudah dikerjakan. Tujuan dari tes psikotes kerja ini  untuk mengetahui kepribadian dan karakter.

Adapun, yang dilihat dari tes ini adalah konsistensi dalam menjawab soal yang diberikan. Salah satu hal yang sulit memang konsistensi ya.

Inilah berbagai jenis tes psikotes kerja yang harus kamu ketahui dan pelajari. Kamu harus mengetahuinya agar bisa siap mengerjakan.

Rumah123.com sempat mengulas berbagai hal mengenai persiapan dalam mencari kerja seperti cara membuat surat bebas narkoba.

Ada juga artikel yang membahas mengenai cara membuat surat keterangan sehat, keduanya dibutuhkan untuk melamar menjadi pegawai negeri sipil.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Fashion Showroom PIK 2.

Bagikan:
361 kali