Ilustrasi. Foto: iStock Photo Ilustrasi. Foto: iStock Photo

Usia muda 18-35 tahun saat ini banyak sekali yang sulit memiliki rumah sendiri. Ada juga sebagian besar usia 25-30an ke atas yang sudah berstatus menikah masih menempati rumah orangtua.

Lain halnya dengan Irfan Aditama (32) yang berdomisili di Balikpapan. Mantan fotografer surat kabar di Kalimantan Timur ini bahkan sudah memiliki dua rumah di usianya saat ini.

Merencanakan menikah pada 2013 lalu, Irfan langsung mengambil langkah penting, yaitu membeli rumah. Ia berhasil melakukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sejak 2012.

Irfan yang masuk dalam kelompok milenial mulai memikirkan investasi. "Itu rumah murah, cuma Rp88 juta," kata Irfan saat dihubungi Rumah123, Kamis (20/10).

Baca juga: Untuk KPR, IBPA Menentukan Suku Bunga Lebih Rendah Ketimbang Bank

"Tiap bulan gaji disisihkan Rp1,6 juta buat bayar KPR selama lima tahun. Letak rumahnya agak jauh sih. Namanya juga rumah murah"

Lokasi yang dimaksud Irfan adalah dekat Bandara Sungai Siring, Samarinda, yang punya potensi segera beroperasi. Ia pun meyakini lokasi tersebut akan memiliki nilai investasi yang bagus.

Pria yang kini memutuskan berwirausaha itu tak berhenti di satu rumah. Beberapa saat tinggal bersama orangtuanya, Irfan kembali memutuskan membeli rumah di Balikpapan. Kerap memenangkan lomba foto, ia berhasil kembali mengajukan KPR pada 2015.

Hal serupa juga dilakukan oleh karyawan swasta, Munadi Ajid (32). Saat ini, Mumun, begitu ia biasa disapa, masih tinggal bersama orangtua.

Baca juga: Gaya Hidup Hedon Bikin Anak Muda Susah Punya Rumah?

Tak lantas hendak berlama-lama menjalani kehidupan seperti itu, Mumun bersama sang istri berhasil mengumpulkan dana untuk membeli lahan.

"Tiap bulan sama isteri kalau dia dapat uang insentif disisihkan. Lama-lama terkumpul Rp2 juta sampai Rp3 juta per bulan. Uangnya dibelikan untuk beli bahan-bahan bangunan untuk pondasi rumah," ujar pria yang berprofesi sebagai guru tersebut..

Mimpi menempati rumah yang mereka bangun dari hasil penyisihan gaji itu pun akansegera terwujud.  Rumah impian Mumun dan isteri sudah dalam tahap penyelesaian. Kamu kapan? (Vri)

 
Bagikan: 3189 kali