vaksin astrazeneca

Vaksin AstraZeneca ternyata efektif terhadap varian virus Covid-19 Delta yang pertama kali diidentifikasi di India. Simak penjelasannya berikut ini.

Virus corona varian Delta sudah masuk ke Indonesia, varian ini ditemukan di sejumlah daerah, salah satunya Kudus, Jawa Tengah juga telah menyebar terdapat di daerah lain juga.

Untuk diketahui, virus Covid-19 varian Delta ini  disebut dengan varian B.1.617.2, varian ini pertama kali diidentifikasi di India.

Lantas varian virus corona ini menyebar, dan kini sudah masuk ke Indonesia.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menilai bahwa varian ini ternyata sangat menular.

Namun, ada sebuah kabar baik bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca diklaim dapat memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap penularan varian tersebut, efikasinya hingga 92 persen.

Di Indonesia sendiri, melalui data Kementrian Kesehatan per 13 Juni 2021, varian Delta telah masuk ke lima provinsi.

Provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimatan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Tim Peneliti WGS PK-KMK UGM Gunadi mengatakan, telah ditemukan 28 dari 34 sampel atau sekitar 82 persen merupakan varian Delta.

Para ilmuwan dari India menyebutkan, varian Delta ini disebut 50 persen lebih menular daripada varian Alpha dan varian pertama virus corona.

Vaksin Astra Zeneca Efektif Terhadap Varian Delta Virus Covid-19

Dilansir dari Reuters.com, penelitian dari Public Health England (PHE) menunjukkan, 92 persen vaksin AstraZeneca efektif mencegah rawat inap setelah pemberian dua dosis vaksin terhadap varian Delta.

Sedangkan di Inggris sendiri, vaksin AztraZeneca ini efektif melawan varian virus corona B.1.1.7 atau Alpha sebesar 86 persen.

Vaksin buatan Universitas Oxford ini diklaim dapat memberlikan perlindungan sebesar 67 persen terkait gejala dengan kasus infeksi varian Delta.

Sedangkan, bagi yang baru menerima vaksin dosis pertama saja, dapat memberikan perlindungan 33 persen.

Masih dari laman Kompas.com, hasil tersebut berdasarkan analisis terhadapa 14.019 kasus infeksi virus Covid-19 varian Delta, antara 12 April hingga 4 Juni, dari 166 kasus diantaranya dirawat di rumah sakit.

Jadi, bagi kamu yang telah menerima  undangan untuk vaksin, jangan ditunda ya. Yuk, segera vaksin untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai update pandemi virus Covid-19.

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah peristirahatan di Bali, pilihan terbaik adalah Ciputra Beach Resort.

Bagikan:
400 kali