Okritie Arena Merupakan Salah Satu Stadion Penyelenggaraan Piala Dunia 2018 Rusia (Rumah123/Sport Concept)

Stadion ini memiliki nama resmi Spartak Stadium lantaran merupakan home ground dari klub Liga Rusia, Spartak Moscow. Namun, karena sponsor maka nama stadion ini berubah menjadi Okritie Arena.

Pengelola stadion telah mengikat kontrak selama enam tahun dengan Okrytiye Bank, lembaga keuangan terbesar di Rusia. Sebenarnya, pemilik klub ini juga mempunyai saham di Okrytiye Bank.

Baca juga: Wuih Keren, Klub Bola Ini Selalu Punya Stadion Yang Ramah Lingkungan

Okritie Arena berada di ibu kota Rusia, Moscow dan menjadi salah satu stadion yang dipersiapkan untuk Piala Dunia 2018 Rusia. Stadion ini dibangun sejak 2010. Pembangunannya selesai pada 2014.

Sejumlah biro arsitek Rusia seperti BiznesTehProekt dan PozhEvroStroi terlibat dalam pengerjaan pembangunan stadion ini. Namun, belakangan desain stadion ini melibatkan sederetan biro arsitek dan konsultan lainnya.

Baca juga: Menyaksikan Aksi Cristiano Ronaldo di Stadion Philip II Arena

AECOM dan Sport Concepts merancang desain stadion. Sementara Dexter Moren Asccociates mendesain bagian luar bangunan atau fasad.

Fasad Okritie Arena berwarna merah dan putih. Warna ini merepresentasikan seragam kandang dan tandang Spartak Moscow.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Pemilik Spartak Moscow, Leonid Fedun membiayai seluruh pembangunan stadion. Pria berusia 61 tahun ini merupakan konglomerat Rusia dengan kekayaan mencapai 4,2 miliar dollar AS (Rp57 triliun). Dia memiliki saham di perusahaan minyak dan perbankan.

Stadion ini hanya memiliki kapasitas penonton 45.360 penonton. Okritie menggunakan rumput asli pada lapangannya.

Baca juga: Mimpi Bareng Yuk! Kapan Indonesia Punya Stadion Keren Kayak Gini?

Sebuah patung gladiator Romawi, Spartacus setinggi 24,5 meter berdiri di depan Okritie. Nama Spartacus ini kemudian diambil menjadi Spartak Moscow.

Okritie Arena akan menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018 Rusia untuk penyisihan Grup D, E, G, dan H. Selain itu, ada satu pertandingan babak 16 besar.

Baca juga: Cegah Serangan Teroris, Klub Bola Manchester United Pasang Barikade di Luar Stadion

Argentina dijadwalkan berjumpa Islandia dalam penyisihan Grup D pada 16 Juni. Wah, kayak apa aksi kapten tim nasional Argentina, Lionel Messi ya.

Sementara Brasil akan bertemu Serbia dalam penyisihan Grup E pada 27 Juni. Hmm, pasti sudah nggak sabar menanti gocekan kapten tim nasional Brasil, Neymar kan?

Baca juga: Gagal ke Piala Dunia 2018, Timnas Belanda dan Italia Gak Bakal Main di Stadion Luzhniki

Kalau kamu berkesempatan untuk melihat Piala Dunia 2018 langsung ke Rusia, jangan lupa untuk mampir dan berfoto di stadion ini ya.

Bagikan: 523 kali