Rumah yang Didesain oleh Nguyen Khac Phuoc Architects (Rumah123/Dezeen)

Sejumlah pohon ditanam di berbagai bagian rumah termasuk pada lantai teratas yang menjadi ruang makan, dapur, dan ruang duduk.

Rumah ini tergolong sempit dengan hanya memiliki lebar lima meter saja. Untuk mengakali lahan yang sempit, biro arsitek Nguyen Khac Phuoc Architects membuat rumah ini menjadi vertikal.

Baca juga: Ingin Punya Rumah dengan Detil Rustic? Jangan Takut untuk Mencoba Dong

Rumah ini berada di kota Tu Son, provinsi Bac Ninh, Vietnam. Kota yang sedang berkembang dan menjadi tujuan urbanisasi di negeri ini.

Nguyen Khac Phuoc Architects merupakan biro arsitek yang berkantor pusat di ibukota Vietnam, Hanoi.

Baca juga: Wow, Restoran Ini Aplikasikan Desain Interior dan Furnitur Warna Gelap

Rumah ini menjadi tempat tinggal satu keluarga dengan dua anak, putra putri yang sudah beranjak remaja.

Rumah ini memiliki tiga kamar tidur, ruang entertainment, ruang sembahyang, ruang makan, dapur, dan ruang laundry.

Baca juga: Mengubah Gudang Menjadi Rumah Tinggal dan Kantor? Kenapa Ga Bisa?

Nguyen Khac Phuoc Architects mendapatkan tantangan untuk mendesain rumah di area Tu Son yang memiliki tingkat kebisingan dan asap yang tinggi.

Untuk mengatasinya, rumah ini memiliki dua void (ruang terbuka) berukuran cukup besar pada bagian bangunan.

Baca juga: Tangga Spiral dari Baja Bercat Hitam? Belum Pernah Lihat Kan Sebelumnya?

Hal ini dilakukan untuk mengurangi polusi dan bisa menjadikan para penghuni tetap menikmati suasana santai di luar ruangan.

“Ruang terbuka menciptakan bagian untuk menghindari polusi. Bentuknya juga dirancang untuk menghindari sinar matahari langsung,” ujar arsitek dari Nguyen Khac Phuoc Architects seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga: Wow, Kerennya Dapur Berdesain Industrial

Nguyen Khac Phuoc Architects menempatkan sejumlah pohon pada beberapa bagian rumah. Agar suasana hijau semakin terasa, arsitek membuat jendela geser dari kaca berukuran besar.

“Dalam beberapa ruang di dalam rumah, pemilik masih bisa merasakan sentuhan alam. Penghuni seperti merasa sedang berjalan menuju bagian atas pohon saat berpindah ruangan,” kata biro arsitek Nguyen Khac Phuoc Architects.

Baca juga: Wuih, Dua Tower Ini Seperti Sedang Menari Lho

Rumah yang didesain oleh Nguyen Khac Phuoc Architects ini menjadi salah satu contoh tren rumah sempit terutama yang ada di kota-kota Asia Tenggara.

By the way, kalau kamu ingin membangun rumah, nggak ada salahnya untuk mengambil inspirasi desain dari rumah sempit ini.

Baca juga: Markas Baru FIM Terinspirasi dari Pergerakan dan Kecepatan Motor Balap

Selain itu, buat kamu yang ingin mengubah desain interior rumah, wah bagus lho kalau kamu bisa menempatkan pohon atau tanaman dalam rumah.

Bagikan: 2416 kali