Jembatan Penyeberangan Orang Sumarno di Penggilingan, Jakarta Timur (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sumarno di Penggilingan, Jakarta Timur telah dibuka untuk umum pada Kamis malam (20/12/2018). JPO ini memang unik lantaran bentuk dan strukturnya serta dihiasi lampu. Jembatan ini dibangun selama enam bulan.

Struktur dan bentuk JPO ini memang unik dan artistik. Bagian atapnya melengkung. Hal ini berbeda dengan JPO pada umumnya dengan atap yang rata.

Begitu juga dengan lampu yang menghiasinya. Lampu pada JPO Sumarno bisa berganti-ganti warna. Lampu pada JPO ini akan menyala pada malam hari. Keindahannya bisa dilihat dari kejauhan.

Baca juga: Fasilitas dan Keamanan Skybridge Tanah Abang Bakal Diperbanyak

“Kita membangun JPO baru yang artistik mengombinasi modern dan lokal,” ujar Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo seperti dikutip oleh Kompas.com.

“Alhamdullillah sudah selesai kita syukuran dan sudah bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum,” lanjutnya. Syukuran memang sempat diselenggarakan oleh warga, kontraktor, dan Dinas Bina Marga.

Warga duduk lesehan di JPO seraya mendengarkan ceramah dari ustadz. Warga menyatakan acara ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih.

Baca juga:  Gimana Rasanya Melewati Jembatan Terpanjang Di Dunia

JPO ini juga memiliki fasilitas lift. Lift tersebut diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, lansia alias lanjut usia, dan ibu hamil.

Hanya saja lift belum dapat dioperasikan. Lift tersebut baru beroperasi pada Januari 2019. Pengoperasian menanti petugas yang akan dilatih untuk mempelajari penggunaannya.

Fasilitas lift juga ada di JPO Jelambar, Jakarta Barat. JPO ini juga punya desain yang artistik. Dinas Bina Marga berencana untuk membangun JPO pada titik yang diusulkan. Nah, buat kamu biasakan menyeberang di jembatan penyeberangan orang atau pelican cross ya.

Baca juga:  Bukan Sekedar Jembatan Penyeberangan Biasa

Bagikan: 789 kali