Ilustrasi Stadion (Foto: Rumah123/REA Group Australia/Shutterstock)

Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan membangun stadion bertaraf internasional di Taman BMW, Sunter, Jakarta Utara pada Januari atau Februari 2019. Stadion ini diproyeksikan menjadi home base Persija Jakarta.

Pembangunan akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yaitu PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sudah menyetujui penggunaan lahan.

Groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan stadion akan dilangsungkan pada Januari atau Februari 2019. Sebelumnya, akan dilakukan uji tanah, persiapan, dan pematangan lahan.

Baca juga: Ronaldo Datang, Harga Tiket Stadion Juventus Langsung Naik

Jakpro memang telah melaksanakan serangkaian perencanaan sebelum membangun stadion. Pembangunan diperkirakan memakan waktu selama tiga tahun.

“Perencanaan sudah dari 2018, kayak HBU (analysis highest and best use) dan feasibility study, review master plan, kajian pengelolaan kan sudah,” ujar Corporate Secretary Jakpro, Hani Sumarno seperti dilansir oleh Kompas.com.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019, Jakpro mendapatkan Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp900 miliar untuk membangun stadion. Pembangunan stadion ini diperkirakan menelan biaya Rp4,5 triliun.

Baca juga: Butuh Duit, Barcelona Jual Nama Stadion Rp5,2 Triliun

Persija Jakarta baru saja menjadi juara Liga 1 Indonesia 2018. Sepanjang keikutsertaan dalam musim kompetisi ini, Persija tidak memiliki kandang.

Setelah Stadion Lebak Bulus berubah menjadi depo MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu), Persija tidak punya kandang tetap untuk menjamu klub lawan.

Persija menggunakan enam stadion berbeda di Jakarta, Bekasi, Karawang, Cibinong, dan Cikarang. Setelah menjadi juara, Persija langsung menagih janji kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Nah, buat The Jak Mania, harap sabar ya, stadion baru akan selesai pada 2022 mendatang.

Baca juga: Rencana David Beckham Bikin Stadion di Miami, Amerika Serikat Sudah Disetujui Lho

Bagikan: 2714 kali