Pasar Ikan yang Didesain oleh Allen Jack + Cottier Architects (Rumah123/Dezeen)

Pasar ikan sering diidentikkan sebagai tempat yang berbahaya, bau, dan kumuh. Tidak hanya di Indonesia lho, tetapi juga di Sydney, Australia.

Citra buruk ini memang seolah tidak bisa lepas karena pasar ikan memang menjadi tempat pelelangan ikan. Apalagi tempatnya yang berada di pelabuhan memang identik dengan kawasan yang kurang aman.

Baca juga: Toilet Kuburan Bisa Tampil Keren Juga, Eh Hati-Hati Ada Penampakan!

Biro arsitek asal Australia, Allen Jack + Cottier Architects memiliki visi baru untuk mendesain Sydney Fish Market alias pasar ikan Sydney. Firma ini berdiri sejak 1952 di Sydney.

Allen Jack + Cottier Architects mendesain pasar ikan ini memiliki kanopi dengan permukaan yang mengkilap. Bangunan pasar ini bersisian dengan area pejalan kaki di pelabuhan.

Baca juga: Taman Ini Terinspirasi dari Sawah, Wah Ga Percaya Kan?

Hasilnya memang tidak mengecewakan. Desain ini memenangkan penghargaan Future Project of the Year 2017 dari World Architecture Festival. Penghargaan ini dimulai sejak 2008 dan terdiri dari 31 kategori. Festival ini memberikan penghargaan arsitektur terbaik selama 12 bulan terakhir.

“Dewan juri memiliki pandangan kalau kami harus memberikan penghargaan kategori future project untuk desain ini, lantaran ada transformasi besar di masa depan dalam segala bentuk,” ujar dewan juri World Architecture Festival 2017 seperti dilansir oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Desain Ramah Lingkungan dan Proses Daur Ulang Ada di Gedung Ini, Keren Kan?

“Semuanya mencakup kehidupan nyata, kehidupan hewan, makanan, dan transportasi. Arsitek berhasil mewujudkan peran mereka dalam bentuk yang menjadi contoh dan memberikan inspirasi,” lanjut dewan juri.

Sayangnya, desain rancangan Allen Jack + Cottier Architects ini hanya sebatas memenangkan penghargaan. Namun, desain ini tidak akan menjadi nyata.

Baca juga: Perpustakaan Ini Didesain Seperti Mata yang Besar, Pinjam Buku Di Sini Yuk!

Biro arsitek 3XN Architects memenangkan sayembara mendesain pasar ikan di Sydney. Desainnya 3XN Architects akan dipakai. Biro arsitek ini berkantor pusat di Copenhagen, Denmark.

Wah, kapan ya pasar ikan di seluruh Indonesia bisa kayak begini? Masa negara kepulauan nggak punya pasar ikan yang desain arsitekturnya kekinian?

Bagikan:
1339 kali