Biro Arsitek Jepang, Hibinosekkei Mendesain Bangunan Bagi Anak yang Berkebutuhan Khusus (Rumah123/Dezeen)

Anak-anak memang harus dirangsang untuk aktif bermain. Aktivitas ini memang bagus lho untuk tumbuh kembang mereka.

Buat kamu yang baru menjadi mom and dad, jangan melarang anak-anak untuk beraktivitas seperti lari, melompat, dan lainnya. Awasi saja aktivitas mereka saat bereksplorasi.

Baca juga: Yuk, Bikin Area Bermain Anak dengan Memasang Jaring Suspensi

Banyak lho anak-anak yang aktivitasnya kurang karena memiliki keterbatasan fisik dan mental. Anak-anak ini harus dirangsang dalam lingkungan yang bisa membuat mereka mau bermain dan bergerak.

Kantor arsitek asal Jepang, Hibinosekkei merancang desain interior sebuah bangunan yang bisa membuat anak-anak dengan keterbatasan perkembangan. Bangunan bernama Kitos Hamura ini berada di ibu kota Jepang, Tokyo.

Baca juga:  Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

Desain bangunan ini dapat memenuhi kebutuhan anak-anak dengan menyediakan tempat untuk beragam aktivitas. Ada dua ruangan besar dalam bangunan ini.

Kedua bangunan ini berada di lantai dasar dan lantai pertama. Lantai dasar digunakan untuk belajar dalam suasana hening, sementara lantai di atasnya dipakai untuk permainan aktif.

Baca juga:  Kamar Tidur Anak Sekaligus Jadi Ruang Bermain, Wah Bisa Didesain Jadi Satu Lho

“Sangat sulit bagi anak-anak dengan keterbatasan perkembangan untuk mengungkapkan perasaan, sehingga saat penting kalau mereka bisa mendapatkan sensasi keseimbangan seperti sentuhan, pendengaran, penciuman, dan penglihatan,” ujar Hibinosekkei seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

“Cara terbaik untuk mendapatkan semua ini adalah bermain. Dalam bangunan ini, banyak area bermain yang dipasang agar anak-anak bisa bermain dan menyerap semua rasa ini tanpa sadar,” lanjut Hibinosekkei.

Baca juga:  Tinggal Nyaman di Apartemen Sempit, Santai Ke Mana Pun Naik Angkot

Ruangan ini memiliki jendela dan pintu kaca berukuran besar sehingga cahaya luar dapat masuk menyinari bangunan. Bangunan ini juga didukung oleh sejumlah fasilitas seperti kantor staf dan toilet.

Jangan suka melarang anak-anak bermain ya. Anak-anak dengan masalah perkembangan harus mendapatkan penanganan seperti di atas. Yuk, aja anak-anak kamu untuk berolahraga, bermain, dan lainnya di taman.

Baca juga:  Wah, Ini Nih Tempat Bermain yang Asyik untuk Anak-Anak

Hibinosekkei Mendesain Bangunan Ini Menjadi Dua Bagian yang Bisa Digunakan untuk Belajar dan Bermain (Rumah123/Dezeen)
Anak-anak yang Memiliki Masalah Pertumbuhan Mental dan Fisik Ini Dirangsang untuk Bermain dan Belajar (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 634 kali