Pemerintah Kota Babcok, Amerika Serikat Bekerja Sama dengan Perusahaan Bus Listrik Asal Prancis, Transdev untuk Menguji Coba Bus Sekolah Listrik (Foto: Rumah123/Curbed)

Pengembangan kendaraan tanpa supir semakin berkembang. Kota Babcock Ranch akan menguji coba bus sekolah tanpa supir dan bertenaga listrik. Wah, seperti apa ya?

Babcock Ranch merupakan sebuah kota kecil di negara bagian Florida, Amerika Serikatnya. Letaknya sekitar 265 km dari salah satu kota ternama di kawasan ini, Miami.

Kota kecil ini menjadi kawasan yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan pengembang menjadi kota ramah lingkungan dan memiliki pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik Uniti? Truz Kamu Mau Parkir di Rumah yang Mana?

Situs properti Curbed melansir kalau pemerintah kota akan menguji coba bus sekolah dengan menjalin kerja sama dengan Transdev, perusahan transportasi asal Prancis. Transdev beroperasi di 20 negara. Perusahaan ini mengoperasikan bus, trem, dan metro (semacam kereta listrik).

Bus sekolah yang diuji coba tidak akan dikemudikan oleh supir. Bus ini juga bertenaga listrik yang didapatkan dari tenaga surya atau matahari. Bus ini dapat menampung 12 anak.

Kendaraan ini dirancang untuk mengikuti jalan, menjemput anak-anak di area yang sudah ditentukan, kemudian mengantarkannya ke sekolah. Bus didesain menjemput melalui aplikasi.

Baca juga: Mobil Listrik Tanpa Sopir Jadi Kendaraan Masa Depan, Rumah Masa Depannya Mana?

Selain itu, bus memiliki rem otomatis serta perlengkapan keamanan. Bus ini mempunyai kecepatan antara 12 hingga 48 km per jam.

Uji coba bus sekolah bertenaga listrik dan tanpa supir ini dilakukan secara ketat. Apalagi teknologinya memang belum teruji. Sejumlah kecelakaan terjadi saat uji coba mobil listrik tanpa supir.

Wah, nggak sabar juga ya kalau teknologi serupa bakal diaplikasikan di Indonesia. Hmm, mungkin yang paling layak adalah bus TransJakarta alias busway harusnya sudah bertenaga listrik ya.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Bagikan: 998 kali