Ilustrasi Nyamuk (Foto: Rumah123/Treehugger.com)

Musim hujan datang, Demam Berdarah Dengue (DBD) juga datang. Dinas Kesehatan Kota Bekasi menyatakan ada 75 warga yang terkena DBD sepanjang Januari 2019.

Jumlah ini berdasarkan jumlah laporan pasien DBD dari sejumlah rumah sakit swasta di wilayah Kota Bekasi dan juga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi.

Sebelumnya, ada kabar bahwa 88 pasien di RSUD Kota Bekasi yang terjangkit DBD. Namun, angka tersebut belum dievaluasi dan validasi.

Baca juga: Waspada Ya Gaes, Demam Berdarah Dengue Semakin Meluas di Jakarta

“Iya terjadi peningkatan kasus DBD sampai hari ini yang tervalidasi jumlah 75 orang yang terdiagnosa positif DBD, ini meningkat saat Januari 2018 itu 49 kasus,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezi Syukrawati seperti dikutip oleh Kompas.com.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga mengimbau kepada pihak rumah sakit swasat untuk melaporkan jumlah pasien DBD. Dengan begitu, Dinkes bisa memetakan wilayah dengan kasus DBD supaya bisa ditangani dengan segera.

Selain itu, Dinkes juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk membersihkan rumah supaya tidak ada sarang nyamuk. Saat musim hujan datang memang banyak genangan air.

Baca juga:  Cek Dulu Nih, 5 Kecamatan di Jakarta dengan Tingkat DBD Tertinggi

Jakarta sudah waspada DBD. Tingkat kejadiannya semakin banyak terutama di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Kasus DBD juga terjadi di Depok, sekarang di Bekasi.

Buat kamu yang tinggal di Bekasi, kamu harus waspada gaes. Cara antisipasi DBD itu gampang kok. Kamu hanya perlu 3M Plus. Kamu harus menguras, menutup, dan membuang. Maksudnya kamu harus rajin menguras tempat penampungan air, menutupnya, dan membuang barang tidak terpakai yang bisa menjadi tempat menampung air.

Plus maksudnya kamu bisa menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air, tidak menggantung pakaian, biasa membuka jendela dan pintu sehingga sinar matahari masuk karena nyamuk memang suka berada di tempat gelap dan lembab. Yuk, kita lawan DBD.

Baca juga:  Kasus DBD Juga Terjadi di Depok, Selalu Waspada Ya Gaes

Bagikan: 1014 kali