Jalan Gubeng, Surabaya Ambles Sedalam 15 Hingga 30 Meter Pada Selasa (18/12/2018) Malam (Foto: Rumah123/Merdeka.com)

Sejumlah bagian jalan di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur ambles pada Selasa (18/12/2018) malam. Bagian yang ambles mencapai kedalaman hingga 15 meter. Bahkan, beberapa bagian mencapai lebih dari 20-30 meter.

Lokasi ambles berada di depan kantor cabang Bank BNI. Lokasinya juga tidak jauh dari rencana proyek basement Rumah Sakit Siloam, Gubeng.

Area jalan yang ambles ini ini cukup luas. Panjangnya bisa mencapai 100 meter lebih. Jalan yang ambles ini sendiri merupakan akses jalan yang dilalui mobil.

Baca juga: Ngeri, 95% Jakarta Utara Bakal Tenggelam Pada 2050

Sejak pukul 22.00 WIB, Jalan Gubeng sudah ditutup untuk umum. Bahkan, lokasi ini sudah disterilkan dari jarak 50 meter. Jalan menuju lokasi juga dibatasi, hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

Lalu lintas kendaraan bermotor yang biasanya menggunakan Jalan Gubeng dialihkan ke beberapa jalan sekitarnya. Polisi telah membuat rekayasa lalu lintas.

Tim gabungan dari satuan polisi pamong praja, perlindungan masyarakat (linmas), pemadam kebakaran, polisi, TNI (tentara nasional Indonesia), relawan tagana (taruna siaga bencana) Kota Surabaya sudah terlihat di lokasi. Mereka melakukan pendataan.

Baca juga: Gempa dan Tsunami Guncang Palu dan Donggala, Ingat Belajar Mitigasi Bencana

Sementara Badan SAR Nasional (Basarnas) sudah mengirimkan anggotanya untuk mengecek lokasi. PLN Jawa Timur juga telah menerjunkan tim guna memeriksa jaringan listrik kawasan sekitar.

Menurut Kompas.com, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Inspektur Jenderal Luki Hermawan menyatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden. Beberapa pekerja proyek dari PT Nusa Konstruksi Enjiniring telah diperiksa oleh polisi.

Penyebab amblesnya belum diketahui. Namun, Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana menduga amblesnya terkait dengan pembangunan Rumah Sakit Siloam. Nah, saat musim hujan begini, hati-hati ya gaes, periksa sekeliling rumah, kamu harus melakukan tindakan preventif mencegah longsor atau ambles.

Baca juga: Tips Gempa: Hati-hati Saat Mengecek Rumah Usai Gempa

Bagikan: 548 kali