Jalan Gubeng, Surabaya Sudah Dioperasikan Tetapi Belum Sepenuhnya Aman (Foto: Rumah123/Kompas.com/Istimewa)

Jalan Gubeng, Surabaya sudah resmi dibuka sejak Kamis (27/12/2018). Namun, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII menyatakan jalan ini belum sepenuhnya aman.

Lalu lintas Jalan Gubeng terlihat ramai lancar usai akses jalan ini bisa digunakan kembali. Sudah banyak mobil dan motor yang melintasi jalan ini.

Sebelumnya, Jalan Gubeng ambles pada Selasa (18/12/2018) malam. Area yang ambles cukup luas dan dalam. Proses pengurukan sudah dilakukan sudah dilakukan setelah terjadinya insiden.

Baca juga: Waduh, Jalan Gubeng di Surabaya Ambles Sedalam Lebih dari 15 Meter

Dua lajur sisi timur Jalan Raya Gubeng sudah bisa dilewati. Namun, tidak demikian dengan sisi barat. Bagian ini masih perlu diperkuat.

Ternyata, jalan ini dinilai belum sepenuhnya aman untuk dilalui kendaraan bermotor. Hal ini karena proses pemulihan jalan di sisi barat masih dalam tahap penyempurnaan. Besi pengaman atau steel sheet pile (SSP) masih dalam proses pemasangan pada sisi barat.

Kompas.com mengutip pernyataan Humas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Wahyu P. Kuswanda bahwa jalan ini belum sepenuhnya aman. Upaya perbaikan jalan masih sebatas menyambungkan kembali akses.

Baca juga: Kenapa Sih Jalan Gubeng Bisa Ambles

Tetapi, belum menjadi upaya guna mencegah insiden serupa terulang. Wahyu menyatakan ada beberapa hal yang bisa dilaksanakan supaya jalan ini aman untuk dilalui kendaraan bermotor.

Beberapa cara itu adalah memasang steel sheet pile, menutup galian tanah di sisi barat dengan kemiringan 30 derajat, atau menimbun lubang galian.

Jalan ini memang telah tersambung dan sudah difungsikan, tetapi insiden serupa berpotensi terjadi lagi. Hal ini lantaran tanah sekitar lubang galian belum ditangani. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional memberikan rekomendasi jalan ini dapat dilewati kendaraan kecil dan tidak boleh dilewati kendaraan berat.

Baca juga: Sudah Tahu Kalau Jalan Gubeng Sudah Dapat Digunakan Lagi

Bagikan: 1095 kali