Jakarta, Indonesia (Rumah123/iStockphoto)

Bisnis apa sih yang paling mudah untuk dilakukan? Gampang banget kok, jawabannya adalah bisnis properti.

Kamu hanya perlu membeli rumah atau apartemen. Lantas kamu bisa mengontrakkan rumah, menyewakan kamar kos, atau menyewakan unit apartemen.

Baca juga: Model Cantik Daisy Fuentes Investor Properti Lho, Kamu Kapan?

Setiap bulan kamu bisa mendapatkan uang sewa dari kamar kos atau unit apartemen. Sementara untuk rumah kontrak biasanya berdurasi satu tahun.

“Ada empat tipe investasi. Investasi yang paling simpel. Beli, lantas sewa, kontrak, atau kos. Kebanyakan masih yang simpel,” ujar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung dalam pemaparan hasil Sentiment Survey H-1/2018 di kantor Rumah123 di Jakarta pada Selasa (15/05/2018).

Baca juga: Bankir Veteran Ini Juga Jadi Investor Properti Lho, Kalau Kamu Gimana?

Dalam hasil yang terungkap dalam Sentiment Survey H-1/2018 yang diolah oleh tim Business Intelligence Rumah123, profil investor properti memang masih terbilang lugu. Para investor masih lebih banyak bergantung pada kenaikan harga pasar, ketimbang mencari opportunity gap yang besar.

Sebanyak 55,07 responden juga masih memilih membeli properti lantas menyewakan, mengontrakkan, atau menjadikannya kamar kos.

Baca juga: Nih, Villa Mewah Milik Investor Properti Kelas Kakap, Pasti Pengen Punya Juga?

Profil responden ini terbagi empat berdasarkan pendapatan. Mereka yang bergaji antara Rp5 juta-10 juta, Rp10 juta-20 juta, Rp20 juta-30 juta, dan Rp30 juta.

Pilihan untuk tipe investasi ini memang paling mudah. Coba deh cari pemiliki rumah kos, rumah petak, atau apartemen, biasanya properti yang mereka miliki biasanya memang untuk disewakan. Jika lokasinya strategis, maka properti selalu diburu para penyewa.

Baca juga: Ga Nyangka Kalau Mantan Bos Apple Juga Investor Properti Lho

Sementara pilihan lainnya seperti flipper (membeli dan kemudian menjual lagi), fixer-upper (beli murah, renovasi, jual mahal), hingga investasi kondotel lebih rumit lagi. Seorang investor harus memahami banyak hal.

Kalau kamu masuk termasuk investor tipe apa? Buat pemula, beli properti dan kemudian menyewakannya memang menjadi opsi paling mudah.

Bagikan: 559 kali