Rumah di Jepang_2 Sumber : @allstarsteven

Memiliki rumah di Jepang mungkin bagi beberapa orang menjadi salah satu cita-cita yang cukup menarik.

Meski demikian, karakteristik rumah di Jepang layaknya sebuah hunian yang berada di kota metropolitan seperti Jakarta.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin membangun rumah mungkin harus mencari inspirasi dan tips supaya hunian tidak terkesan panas dengan udara luar di rumah.

Adapun, solusi yang tepat bisa kamu lakukan bisa menggunakan inspirasi seperti rumah di Jepang.

Pasalnya, ciri rumah Jepang memiliki nilai fungsional yang sangat tinggi dengan mempertahankan aspek kesederhanaannya dari sisi desain.

Salah satu ciri khas unik dari rumah di Jepang tidak menggunakan banyak jendela dan pintunya menggunakan pintu geser (sliding doors) atau yang disebut dengan shoji. 

Rumah di Jepang_1 Sumber : @allstarsteven

Dengan adanya penggunaan pintu geser, maka sinar matahari pada rumah-rumah ala Jepang dapat masuk di antara desain rumah.

Terkait desain pintu geser rumah Jepang, sebuah akun TikTok @allstarseven memperlihatkan bagaimana sebuah rumah di Jepang memiliki konsep unik.

Pemilihan konsep pintu geser dengan aksen berjenjang berjumlah banyak menjadi ciri khas yang cukup menarik dari segala sudut.

“Hal luar biasa yang benar-benar normal di Jepang,” tulis Steven di awal video.

“Ada banyak pintu geser hanya untuk mendapatkan udara segar,” lanjutnya sembari membuka satu persatu pintu geser tersebut.

Dalam video tersebut, nampak Steven membuka hingga empat lapis pintu hingga pada akhirnya semua pintu terbuka dan ia menunjukkan pemandangan di luar jendela.

“Aku tidak tahu untuk apa semua pintu ini,” kata dia. 

Video singkat yang telah diunggah pada 28 Agustus 2021 tersebut sempat viral dan ditonton sudah lebih dari 1,9 juta kali.

Tak hanya ditonton sampai 1,9 juta kali di TikTok, video ini juga telah disukai hampir 175,700 orang dengan 1,500 komentar.

Warganet juga turut dibuat merasa bingung mengenai pengamanan 4 lapis pada sebuah rumah di Jepang yang satu ini.

“Membutuhkan 5 jam untuk membuka jendela.” saat terjadi kebakaran,” sebut akun @mintyfresh555.

“Yang terakhir saya pikir untuk badai, topan, dan keamanan. Tidak 100 persen yakin. Rumah nenek saya di Jepang hanya memilikinya di lantai pertama,” tulis akun @littyrrr. 

“Biar maling capek buka pintunya,” tulis akun @badboys.

“Untuk kedap suara. Di Jepang, Anda tidak bisa membuat kebisingan di malam hari dan mengganggu tetangga Anda, karena mereka memiliki hak untuk memanggil polisi,” timpal pemilik akun @komi_san.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai sebuah inspirasi rumah di Jepang dengan pengamanan hingga empat lapis yang sangat tertutup.

Temukan informasi menarik seputar inspirasi rumah selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari hunian idaman? Kamu bisa cek Summarecon Bandung."

Bagikan:
361 kali