Jika selama ini bercocok tanam dilakukan di bidang datar alias horizontal, beberapa tahun belakangan mulai populer vertikal garden, alias menanam di bidang vertikal.

vertikal garden - rumah123.com

Vertikal garden dianggap sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan untuk bercocok tanam. Jika pada taman biasa menggunakan tanah sebagai media tumbuh tanaman, pada taman vertikal diganti menjadi media tumbuh lain yang dipasang pada sebuah bidang vertikal. Bisa berupa dinding, atau struktur vertikal yang memang dibangun khusus. Tanaman pun ditanam pada media tersebut, dan nantinya akan tumbuh seperti taman pada umumnya.

Untuk kamu yang memiliki hunian dengan lahan terbatas, namun tetap mau menghadirkan suasana hijau di rumah, maka taman vertikal adalah solusinya. Terdapat 4 syarat utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan taman vertikal.

Pemilihan bidang vertikal yang tepat

Walaupun taman vertikal bisa dibuat pada bidang kosong mana saja, pemilihan bidang vertikal sebaiknya berupa dinding keras, misalnya terbuat dari bata. Hal ini penting supaya dinding kuat menopang rangka struktur taman vertikal. Sinding tersebut juga perlu diberi lapisan tambahan waterproofing agar air tak merembes ke dinding sebaliknya.

Baca juga: 5 Inspirasi Taman Kecil Depan Rumah untuk Lahan Terbatas

Penempatan taman vertikal pada area dekat sinar matahari

vertikal garden - rumah123.com

Tanaman membutuhkan paparan sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu, sebisa mungkin tempatkan taman vertikal pada area yang mudah terkena sinar matahari.

Pasokan air harus terjaga

vertikal garden - rumah123.com

Ibarat nasi bagi orang Indonesia, air menjadi makanan pokok bagi tanaman yang ditanam di vertikal garden. Sebab, media tumbuh tanaman tak akan sebaik tanaman yang ditanam di bidang horizontal.

Nutrisi pada tanaman vertikal diperoleh dari pupuk yang dilarutkan ke dalam tangki penyiram. Maka dari itu pasokan air harus selalu dijaga. Kualitas air juga harus baik. Apabila air banyak mengandung garam atau besi, maka tanaman tidak akan tumbuh optimal.

Baca juga: Budidaya Tanaman Hidroponik, Cara Berkebun Baru untuk Kamu yang Punya Lahan Sempit!

Tak semua tanaman cocok ditanam pada tanaman vertikal

vertikal garden - rumah123.com

Walaupun sebenarnya tanaman apa saja bisa tumbuh di media tanam vertikal, terdapat jenis-jenis tanaman tertentu yang tampilannya menjadi lebih bagus ketika ditanam pada taman vertikal. Beberapa syarat jenis tanaman yang bagus ditanam di vertikal garden misalnya lili paris, sirih gading, dan daun beludru.

Mudah kan membuat taman vertikal di rumah? Tak ada lagi alasan rumah tak hijau karena keterbatasan lahan.

Bagikan: 1642 kali