Vaksinasi Gotong Royong_Vaksin Sinopharm Sumber : cnbcindonesia.com

Vaksinasi gotong royong kini menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam memutus penyebaran rantai COVID-19 di Indonesia.

Adapun, program vaksinasi mandiri ini sudah direncanakan sejak lama yang dikhususkan untuk para pekerja dari berbagai sektor.

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Kimia Farma Ganti Winarno mengatakan sudah lebih dari 70 ribu dosis vaksin yang didistribusikan ke perusahaan melalui program vaksinasi gotong royong.

“Sudah lebih dari 70 ribu dosis vaksin Sinopharm didistribusikan kepada perusahaan yang melakukan program vaksinasi gotong royong. Distribusinya dialokasikan dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin saat ini,” ujarnya (31/05/2021).

Ganti mengatakan, pihaknya telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin COVID-19 Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis.

Vaksin tersebut akan dikirim secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi mandiri untuk berbagai sektor industri.

Ganti menegaskan jika PT Kimia Farma terus mempersiapkan diri untuk mensukseskan program vaksinasi gotong royong, baik dari sisi kesiapan rantai dingin di seluruh Indonesia maupun sarana dan prasarananya, termasuk SDM kesehatan.

“Pada prinsipnya Kimia Farma siap membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi gotong royong ini. Untuk pendataan karyawan sudah masuk dalam sistem pendataan satu data vaksin COVID-19 dan Kadin sehingga nantinya bisa dilakukan proses vaksinasi” ujarnya.

Perlu diketahui, program vaksinasi mandiri sudah dilaksanakan pada 18 Mei 2021 dengan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo yang ditujukan untuk karyawan maupun buruh perusahaan.

Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Kimia Farma dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang didukung oleh berbagai pihak, seperti Bio Farma dan Kimia Farma.

Selain menggunakan vaksin Sinopharm, vaksinasi mandiri juga menggunakan jenis vaksin merek Cansino.

Suntikan Vaksin Sinopharm untuk Vaksinasi Gotong Royong 70 Persen Efektif Lebih dari 70 Persen 

Sebagai produk vaksinasi mandiri, sebuah penelitian baru menunjukkan dua suntikan vaksin Sinopharm ternyata efektif lebih dari 70 persen mengatasi kasus simptomatik COVID-19.

Efektivitas vaksin ini berdasarkan rincian studi tahap akhir yang dipublikasikan oleh Journal of American Association pada Rabu (26/05/2021).

Berdasarkan penelitian ini, vaksin yang dikembangkan oleh anak perusahaan Sinopharm yang berbasis di Wuhan ini efektif 72,8 persen untuk melawan COVID-19 setidaknya dua minggu setelah injeksi kedua disuntikkan.

Selain itu, produk vaksin gotong royong ini juga menunjukkan riset yang lebih baik dari hasil Sinopharm Februari 2021, dimana efektivitas vaksin ini hanya 72,5%.

Adapun, vaksin lain yang dikembangkan oleh Sinopharm yang berbasis di Beijing telah disetujui oleh WHO dengan kemanjuran mencapai 78,1%.

Kedua penelitian ini didasari oleh perhitungan lebih dari 142 kasus gejala dalam sebuah uji coba yang melibatkan lebih dari 40 ribu peserta vaksinasi.

Diharapkan vaksin Sinopharm dapat memenuhi kebutuhan vaksinasi gotong royong demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Temukan referensi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

"Berencana cari rumah idaman? Kamu bisa cari tahu Emerald Terrace Bekasi."

Bagikan:
519 kali