Generasi Milenial- Rumah123.com Harga Rumah Ternyata Bisa Terpengaruh Oleh Usia Para Tetangga. Mereka Yang Tergolong Usia Produktif Membeli Hunian Di Kawasan Tertentu, Kalau Kamu Membeli Rumah Di Area Ini, Harga Properti Biasanya Sudah Mahal (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamu mungkin tidak pernah berpikir kalau umur dari orang yang tinggal di area yang kamu ingin beli rumah ternyata berdampak pada harga properti. Hunian bisa berharga lebih mahal.

Kenapa anak-anak muda pergi meninggalkan kota kecil dan mencari pekerjaan di kota besar? Tentunya karena ada peluang pekerjaan dengan gaji besar.

Anak muda yang masih produktif mencari tempat yang bisa memberikan peluang kerja. Hal ini membuat perumahan terjangkau di daerah tersebut terus dicari sehingga harganya naik.

Baca juga: Hanya Generasi Milenial yang Berani Beli Rumah Berhantu

Situs Trulia melakukan riset kecil dengan melihat 100 kota di Amerika Serikat. Ada tiga daerah dengan populasi tertinggi untuk usia pekerja yaitu Arlington dan Alexandria di negara bagian Virginia dan San Francisco, California.

Arlington dan Alexandria menjadi daerah favorit bagi para mereka yang bekerja di ibu kota Amerika, Washington DC. Permintaan rumah di daerah ini tinggi dan harga rata-rata rumah di sini lebih tinggi dari harga rumah rata-rata di AS.

Bayangkan kalau orang harus merogoh USD 672.700 (Rp9,5 miliar) jika ingin membeli rumah di Arlington. Sementara harga rata-rata rumah di AS hanya USD 217.300 (Rp3 miliar).

Baca juga: Jumlah Kaum Milenial yang Hidup Menumpang di Rumah Orang Tua Meningkat

Lantas bagaimana dengan San Francisco? Kawasan ini dipenuhi perusahaan teknologi raksasa seperti Microsoft, Google, dan lainnya. Jangan kaget kalau gaji pegawai cukup tinggi dan harga rata-rata rumah menembus USD 1,359 juta (Rp19,3 miliar).

Trulia menemukan kalau suatu daerah dengan industri, pastinya penuh dengan orang berusia 20 hingga 64 tahun. Mereka tergolong generasi produktif sehingga membutuhkan hunian.

Bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya tidak jauh berbeda kan? Banyak orang dari seluruh penjuru Indonesia yang datang ke ibu kota Jakarta.

Baca juga: 50 Persen Investor Milenial Beli Properti Tanpa Pernah Berkunjung ke Lokasi

Harga hunian di Jakarta pun menjadi mahal. Rasanya sulit untuk mendapatkan hunian tapak dengan harga terjangkau di ibu kota kecuali berada di gang sempit.

Jika memilih mencari rumah di pinggiran Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, harga hunian juga sudah mahal. Sejumlah kawasan industri berada di area penyangga Jakarta sehingga ikut mendongkrak harga hunian.

Saat kamu membeli rumah, tentunya kamu akan melihat kalau para tetangga adalah mereka yang aktif bekerja. Jadi ada benarnya, usia tetangga yang masuk pekerja produktif memengaruhi harga hunian.

Baca juga: Pesan Untuk Kaum Milenial: Jangan Makan Alpukat Kalau Ingin Punya Rumah

Bagikan: 12266 kali