Ushuaia di Argentina Menjadi Kota dengan Durasi Waktu Puasa Terpendek di Dunia Pada 2019 Yaitu Hanya 11 Jam. Bandingkan dengan Durasi Berpuasa di Jakarta yang Mencapai 13 Jam (Foto: Rumah123/Getty Images)

Durasi puasa Ramadan di setiap tempat tidaklah sama. Ushuaia menjadi kota dengan lama puasa Ramadan terpendek di dunia. Jika kamu tinggal di kota ini, durasi berpuasa hanya 11 jam. Pasti kamu pengen pindah ke sini.

Saat melihat waktu adzan subuh dengan adzan maghrib untuk waktu Indonesia bagian Barat (WIB) pada Mei 2019, maka rata-rata berpuasa di Jakarta, Indonesia adalah 13 jam 13 menit.

Kalau kamu ingin merasakan durasi puasa yang lebih pendek, mungkin kamu harus pindah ke Ushuaia, sebuah kota kecil di Argentina. Kota ini hanya mempunyai luas sekitar 23 kilometer persegi dengan penduduk cuma 56 ribu jiwa.

Baca juga: Puasa 22 Jam? Alhamdulillah, Kamu Ga Tinggal di Sini

Kota ini merupakan ibu kota provinsi Tierra del Fuego yang juga salah satu dari 23 provinsi di Argentina. Penduduk provinsi ini hanya 156 ribu orang.

Ushuaia berjarak lebih dari 3.096 kilometer dari ibu kota Argentina, Buenos Aires. Ushuaia termasuk salah satu dari puluhan kota yang berada di kawasan paling selatan Bumi. Kota lainnya berada di Argentina, Cile, Australia, dan Selandia Baru.

Menurut situs Gulfnews, durasi puasa di Ushuaia hanya 11 jam dan menjadikannya durasi puasa terpendek di dunia pada 2019.

Baca juga: Tips Sehat: Ingat Rumus 2-4-2 Supaya Ga Dehidrasi Saat Puasa Ramadan

Bandingkan dengan durasi berpuasa di Murmansk, Rusia. Kalau kamu berpuasa di kota ini pada Ramadan 2019, kamu harus bersiap untuk puasa selama 20 jam 45 menit! Bayangkan puasa hampir satu hari penuh.

Sejumlah tempat di Amerika Selatan memang menjadi kawasan dengan durasi puasa terpendek setiap tahunnya. Durasinya antara 10 hingga 12 jam.

Situs tvi.com melansir bahwa sejumlah kota di Brasil dan Argentina memiliki durasi puasa 12 jam pada 2017. Sementara laman Al Jazeera menyatakan kalau Punta Arena, Cile mempunyai durasi puasa hanya 10 jam pada 2018.

Baca juga: Jangan Tinggal di Gedung Pencakar Langit, Buka Puasa Malah Lebih Lama Lho

Durasi puasa yang pendek ini lantaran posisi kawasan ini yang jauh dari khatulistiwa dan lebih dekat ke kutub. Lokasi yang dekat kutub memang membuat durasi puasa menjadi lebih pendek atau malah sangat panjang.

Ushuaia berlokasi tidak jauh dari Kutub Selatan, sebaliknya Murmansk berada tidak jauh dari Kutub Utara. Jadi durasinya berbanding terbalik.

Hmm, berapa pun waktunya, kamu memang harus siap untuk menjalani ibadah puasa Ramadan ya. Selama Ramadan 1440 Hijriah ini, kamu bisa membaca artikel-artikel menarik terkait puasa di Rumah123.com.

Baca juga: Satu Gedung dengan Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda

Bagikan: 3034 kali