Perusahaan Start Up Asal Swedia, Uniti Merilis Mobil Listrik Berukuran Kecil (Foto: Rumah123/Dezeen)

Produsen mobil Uniti akan merilis mobil listrik dengan harga terjangkau. Ga ada salahnya beli mobil mungil yang muat di carport rumah kecil kamu.

Perusahaan start up otomotif asal Swedia ini berencana untuk meluncurkan mobil listrik dengan harga terjangkau pada 2020 mendatang. Lewis Horne menjadi founder perusahaan. Korporasi yang berdiri pada 2016 ini berkantor pusat di Lund, Swedia.

Kendaraan listrik ini bernama Uniti One. Mobil ini mempunyai sejumlah fitur inovatif termasuk tampilan penggunaan yang intuitif dan terhubung dengan sopir.

Baca juga: Wah, Ada Bus Sekolah Bertenaga Listrik Tanpa Supir

Uniti One mempunyai baterai berkekuatan 22 kilowatt yang tahan selama empat jam. Dalam sekali isi baterai, mobil ini bisa mencapai jarak tempuh 300 kilometer. Ya, bolak balik Bandung-Jakarta bisa nih, kan jaraknya hanya 154 kilometer.

Uniti membangun pabrik di kawasan Silverstone, Inggris. Kawasan ini menjadi tempat penyelenggaraan balap mobil Formula 1.

Produksi kendaraan ini diproyeksikan bisa menghemat jejak karbon hingga 75 persen dibandingkan mobil pada umumnya. Jadi sejak produksi hingga tidak lagi dipakai, mobil ini termasuk ramah lingkungan.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Ada beberapa tipe mobil yang akan dipasarkan. Uniti menawarkan mobil dengan dua kursi duduk, empat kursi, dan lima kursi duduk.

Selain itu, ada pilihan setir. Ada kemudi tradisional yang berbentuk bundar dan sistem pengendalian seperti joystick. Hmm, mobil beneran atau mainan ya?

Sayangnya Uniti belum merilis berapa harga jualnya. Tapi, lumayan juga ya kalau punya mobil mungil dengan dua tempat duduk. Kayaknya sih lebih kecil dari Bajaj ya. Kalau ukurannya kecil, pasti muat tuh kalau diparkir di carport rumah kamu.

Baca juga:  Bus Tanpa Sopir yang Didesain untuk Segala Cuaca, Siapa Mau Naik

Bagikan: 1030 kali