Ilustrasi. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

Apakah kamu pengguna kartu multi-trup (KMT) saat bepergian di Kota Jakarta? Kalau ya, ada kabar gembira nih. Berkat kolaborasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), maka penggunaan KMT bisa juga untuk transportasi selain commuter line atau kereta rel listrik (KRL). Kamu sebelumnya menggunakan KMT hanya untuk mengakses KRL, bukan? Nah, sekarang, per Jumat (16/03/2018), penggunaan KMT bisa juga untuk membayar tiket bus transcommuter yang disediakan PPD.

"Sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan, serta nilai lebih bagi pengguna jasa KRL. Ini juga menjadi sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya KMT dapat digunakan sebagai alat bayar di luar ekosistem KCI sendiri," kata Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI, Subakir, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (16/03/2018).

Baca juga: Pake OK Otrip Bisa Kurangi 30% Biaya Transportasimu di Jakarta

Dengan bus transcommuter, kamu jadi gampang berhenti di Stasiun Gambir untuk berpindah ke kereta bandara yang ada di Stasiun Sudirman Baru. Pada tahap awal pengoperasian ini, PPD menyediakan 2 rute: Stasiun Sudirman Lama-Stasiun Gambir dan Stasiun Sudirman Lama-Terminal Blok M.

Gimana cara naik bus transcommuter tersebut? Kamu tinggal melakukan tap KMT pada reader yang tersedia di dalam bus dan otomatis saldo aka terpotong. Sekali perjalanan dengan bus transcommuter kamu harus membayar Rp5.000.

"Pengguna KRL commuter line yang tiba di Stasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju Gambir atau Blok M di titik penjemputan (pick-up point) yang telah tersedia di pintu keluar stasiun arah Jalan Blora," kata Direktur Utama PPD, Putu Pance Yasa.

Baca juga: Stasiun Sudirman Baru Ganti Nama Jadi Stasiun BNI City, Ada Tawaran Apa Aja Sih?

"Bagi pengguna yang tidak memiliki KMT atau saldonya kurang, dapat membeli KMT Edisi Khusus 'Ayo Naik Transportasi Umum, Biar Gak Macet' dengan harga Rp35.000, sudah termasuk saldo Rp15.000 yang dijual petugas di dalam bus PPD," kata Putu.

Selama masa sosialisasi transcommuter hingga 12 April 2018, buat kamu yang belum punya KMT bisa membeli tiket secara langsung pada petugas yang ada di dalam bus. Namun, kalau masa sosialisasi sudah selesai, maka kamu wajib menggunakan KMT sebagai alat pembayaran bus transcommuter. Bus ini mulai beroperasi sejak pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit sekali. Sudah jelas kan?

Bagikan: 713 kali