Bus Metrotrans bagian layanan dari Transjakarta. Foto: Twitter

Kini bertambah satu moda transportasi umum yang bisa jadi alternatif mobilitasmu di Kota Jakarta, yakni Metrotrans dan Royaltrans yang merupakan layanan dari  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

 

Menurut Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, ada 4 bus Metrotrans dan 2 bus Royaltrans. Bus Metrotrans melayani rute Bundaran Senayan-Harmoni, sedangkan bus Royaltrans melayani rute Poris-Bundaran Senayan.

 

Baca juga: Udah Tahu? Rute Modifikasi Bus Transjakarta Ragunan-Monas Lewat Antasari Cuma 1 Jam

 

"Uji coba (kedua bus) tersebut dilaksanakan selama satu minggu dan gratis. Kedua rute yang dilayani oleh Bus Metrotrans dan Royaltrans itu sebetulnya sudah dioperasikan oleh Transjakarta saat ini," ujar Budi seperti dikutip Antaranews.com, Selasa (21/11/2017).

 

Kapasitas bus Metrotrans yakni 41 unit tempat duduk, sementara penumpang yang berdiri bisa sekitar 27 orang. Tersedia 2 TV wide screen 29 inci di tengah-tengah area penumpang dan tombol stop di dalam bus.

 

Baca juga: Transjakarta Rute Pulogadung-Harmoni, Lebih Cepat dan Lowong Penumpang Lho!

 

"Bus Metrotrans itu juga memiliki ram kursi roda di area pintu untuk memudahkan keluar-masuknya penumpang difabel. Seluruh fasilitas itu diberikan demi kenyamanan para penumpang saat menggunakan bus Transjakarta," kata Budi.

 

Lantas, gimana dengan bus Royaltrans? Kapasitas penumpangnya 30 orang dan 13 orang berdiri. Dilengkapi fasilitas USB Port sebagai peng-charge ponsel di masing-masing kursi penumpang, juga tempat meletakkan botol minuman penumpang.

 

Baca juga: Udah Tahu Belum? Ada 6 Rute Alternatif Transjakarta Persingkat Perjalananmu!

  "Setelah dilakukan uji coba, bus Metrotrans dan Royaltrans itu akan segera kami operasikan. Kami berharap ke depannya akan semakin banyak warga yang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum," kata Budi berharap.    
Royaltrans-Transjakarta. Foto: Twitter

Bagikan:
2340 kali