Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Gaya hidup atau life style penting nggak sih? Penting dong. Tetapi, lebih penting mengenai pemahaman kamu soal ini, apalagi terkait rencana kamu mengumpulkan uang muka membeli rumah.

Apakah kamu harus memangkas habis gaya hidup untuk mengumpulkan down payment atau DP membeli hunian? Ga juga, karena kalau kamu sengsara malah kamu nggak enjoy dalam menabung uang muka.

Baca juga: Jastip Bisa Jadi Penghasilan Tambahan DP Rumah Saat Ramadan

Lembaga keuangan dan perbankan asal Eropa, Santander melakukan riset terhadap responden milenial di Inggris Raya. Para responden adalah orang yang ingin membeli rumah.

Hampir dua juta orang akan mengganti makanan sehat dengan memakan mi instan, sementara 21 persen akan berhenti minuman beralkohol. Sementara satu dari sepuluh orang akan mengorbankan kebugaran mereka dan berhenti berlangganan pusat kebugaran.

Baca juga:  Beli iPhone X Atau Mulai Nyicil DP Rumah Ya?

Semua ini dilakukan untuk memangkas pengeluaran. Penghematan ini juga bertujuan untuk meningkatkan tabungan uang muka.

“Kami memahami kalau mulai menjadi pemiliki properti itu susah dan riset kamu menyatakan kalau first time buyer melakukan hal serius untuk langkah pertama,” ujar Managing Director of Mortgages Santander UK, Miguel Sard kepada Daily Mail.

Baca juga:  Siapa Bilang Generasi Milenial Susah Punya DP Rumah?

Hmm, mengganti makanan sehat dengan mi kayaknya agak lebay ya. Bagaimana kalau sakit, apakah bisa fokus menabung DP?

Sebenarnya, gaya hidup tidak perlu ditiadakan. Tetapi, kamu bisa menggantinya. Minum kopi di café tetap bisa dilakukan, namun jangan setiap hari. Seminggu dua kali, kayaknya masih bisa tuh.

Baca juga:  Ternyata Bukan Cuma Generasi Milenial yang Kesulitan Punya DP Rumah, Pasti Ga Percaya!

Mau irit makan? Ya, masak aja. Kamu bisa membawa bekal ke kantor. Coba deh hitung penghematan kalau kamu bawa bekal sendiri dan jarang ngopi di café.

Kalau kamu mau sehat, ngapain ikut member gym? Mendingan juga olah raga di taman. Toh, kamu nggak tiap hari ke pusat kebugaran. Jadi siapa bilang gaya hidup harus hilang? Cuman diubah saja kok. Gampang kan!

Bagikan: 1209 kali