Rumah LeBron James di Miami, Amerika Serikat (Rumah123/Curbed Miami)

LeBron James mungkin masih bete setelah gagal mempertahankan gelar juara NBA. Klubnya Cleveland Cavaliers kalah agregat 1-4 dalam final 2017 oleh rival mereka, Golden State Warriors. Sebelumnya, Cleveland menang pada 2016 dan kalah pada 2015 oleh Golden State.

Walaupun kalah, sebenarnya James yang mendapatkan julukan King James alias Raja James masih bisa tersenyum karena dia masih tajir dibandingkan para pemain bola basket lainnya.

Baca juga:  Juara Dunia F1 Ternyata Investor Properti Juga!

James masih menjadi salah satu pemain dengan bayaran termahal di NBA. Dia pun masuk dalam daftar atlet dengan pendapatan terbesar pada 2017 versi majalah bisnis papan atas, Forbes.

Pendapatan ayah tiga anak ini memiliki pendapatan per tahun US 86,2 juta dollar (Rp 1,1 triliun) dengan perincian gaji US 31,2 juta dollar (Rp 407 miliar) sedangkan dari sponsor mencapai US 55 juta dollar (Rp 719 miliar).

Baca juga: Yuk, Mampir ke Rumah Bintang NBA yang Bergaya Mediterania

Sebagai olahragawan kaya, dia juga memiliki sejumlah mobil sport dan juga properti. Kebetulan juga dia sempat berpindah klub sehingga mempunyai beberapa rumah.

James memulai karier basketnya di Cleveland Cavaliers pada 2003 dan membela klub ini hingga 2010. Lantas dia hijrah ke Miami Heats dan memperkuatnya hingga 2014. Setelah itu, James kembali ke Cleveland.

Baca juga: Miliarder Wanita Termuda Ini Raup Keuntungan Rp18 Miliar dari Jual Apartemen

Selama empat tahun membela Miami Heats, James sempat memiliki rumah. Setelah pindah klub, dia menjual rumah itu dengan harga US 13,4 juta dollar (Rp 175 miliar).

Harga ini jauh di bawah harga permintaan. Sebelumnya, James mematok harga US 17 juta dollar (Rp 222 miliar), namun tidak laku. Setelah itu, dia menurunkan harga menjadi US 15 juta (Rp 196 miliar). Lagi-lagi nggak laku.

Baca juga: Stephen Curry Ga Hanya Hebat Main Basket Tetapi Juga Jago Up Grade Properti

Akhirnya, rumah laku terjual pada harga US 13,4 juta dollar (Rp 175 miliar). Meski turun harga US 3,6 juta dollar (Rp 47 miliar), sebenarnya James malah masih untung lho. Mau tahu harga belinya? Dia mendapatkan rumah ini dengan harga US 9 juta dollar (Rp 117 miliar) saja.

James memiliki beberapa rumah lainnya. Rumah utamanya berada di Cleveland, negara bagian Ohio. Dia membeli rumah ini pada 2003 ketika memulai kariernya. Rumah ini memiliki luas 9.144 meter persegi dengan mempunyai enam kamar tidur, delapan kamar mandi, studio rekaman, lapangan boling, casino, theater, bar, akuarium, barbershop, dan lainnya.

Baca juga: Punya Gaji Rp 1,8 Triliun, Mega Bintang American Football Ini Cuman Punya Satu Apartemen!

Rumah lainnya berada di Los Angeles, negara bagian California. Rumah ini memiliki luas 2.877 meter persegi. James membeli rumah ini pada 2015 dengan harga US 20 juta dollar (Rp 261 miliar).

Dia sengaja membeli rumah ini lantaran perusahaannya terikat kontrak kerja sama dengan korporasi Warner Brothers. James harus menghabiskan banyak waktu di California. Hal unik dari James adalah dia menjadi investor beberapa perusahaan terutama terkait teknologi dan hiburan.

Bagikan: 1291 kali