ilustrasi rumah murah untuk tukang bangunan Sumber: Kompas.com

Beli rumah murah menjadi hak semua orang di Indonesia, tak terkecuali untuk sektor buruh harian lepas seperti tukang bangunan.

Pasalnya, semua tukang bangunan di Indonesia kini berkesempatan untuk tinggal di Kawasan Kota Mandiri Tukang Indonesia di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Ketua Umum Dewan Pertukangan Nasional Perkumpulan Tukang Bangunan Indonesia (DPN PERKASA), Muhammad Kuswandi pada Senin (31/05/2021).

Rumah yang dikembangkan di kawasan kota mandiri ini sudah dipersiapkan sebanyak 3,000 unit yang dirancang dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi.

Adapun, harga beli rumah murah yang ditawarkan seharga Rp168 juta per unit.

Meski demikian, Kuswandi menjelaskan, untuk memperoleh persyaratan beli rumah murah harus memenuhi sejumlah persyaratan dan ketentuan yang sudah berlaku.

Pasalnya, rumah ini merupakan salah satu bagian dari program satu juta rumah (PSR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Oleh sebab itu, para tukang harus memenuhi syarat dan ketentuan yang dipersiapkan oleh bank penyalur yang ditunjuk oleh Kementerian PUPR.

Menurut Kuswandi, sejumlah syarat yang harus dipenuhi adalah identitas KTP, Kartu Keluarga (KK), rekomendasi dan surat pernyataan RT/RW setempat yang menunjukkan bahwa mereka merupakan pekerja berpenghasilan rendah.

Selanjutnya, sebelum data tersebut diajukan ke bank pelaksana untuk beli rumah murah, DPN Perkasa yang ditunjuk sebagai pelaksana Kota Mandiri Tukang Indonesia yang terlebih dahulu melakukan seleksi.

“Jadi kami dari asosiasi tukang bangunan akan melakukan pendataan tukang-tukang yang bisa kita bina dan ditingkatkan keterampilannya,” ujar Kuswandi.

Ini disebabkan karena pengembang beli rumah murah di kawasan kota mandiri tersebut akan disinergikan oleh program sertifikasi tukang atau tenaga konstruksi oleh Kementerian PUPR.

Jadi, semua tukang yang tinggal di sini diproyeksikan untuk mendapatkan sertifikat keahlian dan keterampilan konstruksi.

“Jadi, 3,000 tukang yang menghuni kawasan kota mandiri akan disertifikasi oleh kementerian PUPR sesuai dengan keahliannya. Misalnya tukang keramik, tukang las, tukang ukur, dan lain-lain,” jelas Kuswandi.

Seleksi beli rumah murah mulai dari batasan usia, agar para tukang dapat melunasi KPR FLPP kepada bank penyalur.

Apabila permohonan FLPP beli rumah disetujui, mereka nantinya akan memperoleh pelatihan untuk mengasah keterampilan secara bersamaan.

“Ketika rumah sudah jadi, pelatihan selesai, dan mereka lulus, akan mendapatkan sertifikat dari Kementerian PUPR.” tuntas Kuswandi.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam mewujudkan rumah murah bagi para pekerja bangunan.

Temukan referensi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari rumah murah? Kamu bisa cari tahu Metland Cibitung selengkapnya."
Bagikan:
277 kali