Melbourne, Australia (Rumah123/iStockphoto)

Melbourne yang berada di Australia kembali terpilih menjadi kota paling nyaman di dunia untuk didiami secara tujuh tahun beruntun. Titel ini ditahbiskan oleh Economist Intelligence Unit.

Economist Intelligence Unit merupakan unit riset dari Economist Group yang berbasis di ibu kota Inggris, London. Lembaga ini merilis Global Livability Report 2017.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

Dalam penelitiannya, Economist Intelligence Unit memberikan nilai 97,5 dari 100 untuk penilaian stabilitas, jaminan kesehatan, kebudayaan, lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Riset ini menggunakan lima kategori tersebut untuk meneliti 140 kota besar di seluruh dunia. Peringkat 10 besar dikuasai oleh tiga kota yang berada di Australia dan Kanada.

Baca juga: Saat Pasokan Hunian Berlebih, Penyewa Bisa Nego Harga Lho

Ibu kota Austria, Vienna berada di posisi kedua. Tiga kota yang berada di Kanada yaitu Vancouver, Toronto, dan Calgary menempati peringkat tiga hingga lima.

Dua kota di Australia lainnya yaitu Adelaide dan Perth berada di posisi enam dan tujuh. Auckland yang berada di Selandia Baru menempati peringkat delapan.

Baca juga: Mau Tau Kota dengan Harga Sewa Hunian Paling Murah?

Ibu kota Finlandia, Helsinki berada di posisi sembilan. Sementara peringkat sepuluh menjadi milik Hamburg, Jerman.

Melbourne menjadi kota paling nyaman di dunia untuk dihuni sejak 2011. Sebelumnya, dalam kurun waktu 2002 hingga 2010, predikat ini dikuasai oleh Vancouver, Kanada.

Baca juga: Kenaikan Capai Dua Digit, Pertumbuhan Pasar Hunian Mewah Melambat

By the way, REA Group yang menjadi induk Rumah123 juga berkantor pusat di Melbourne. Kota yang berdiri sejak 1835 ini memiliki penduduk mencapai 4,7 juta.

Buat kamu yang tinggal di Indonesia, kamu merasa nyaman nggak sih tinggal di kota kamu sendiri? Mudah-mudahan kamu selalu merasa nyaman ya walau pun tinggal di mana saja.

Bagikan: 2414 kali