OK

Tugas dan Wewenang Presiden Menurut UUD 1945 Lengkap

03 Oktober 2022 · 4 min read · by Christantio Utama

wewenang presiden joko widodo

Ada berbagai macam tugas dan wewenang Presiden berdasarkan UUD 1945 yang penting kamu ketahui. Yuk, simak daftar lengkapnya!

Indonesia memiliki presiden yang menduduki dua posisi strategis yakni menjadi seorang kepala negara serta kepala pemerintahan.

Sebagai seseorang yang dipilih oleh rakyat untuk memimpin sebuah negara, Presiden tentunya memiliki tugas dan wewenang yang wajib dipenuhi dan ditaati.

Hal tersebut terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang telah dibuat oleh para bapak pendiri Bangsa Indonesia terdahulu.

Presiden berdiri sederajat dengan lembaga yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi) serta legislatif (DPR dan MPR).

Meskipun mempunyai posisi yang sama dengan lembaga yudikatif dan legislatif, presiden mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda.

Yuk, langsung saja simak tugas dan wewenang presiden menurut UUD 1945 terlengkap berikut ini.

Situs properti Rumah123.com merangkum dari berbagai sumber.

Tugas Presiden 

tugas dan wewenang presiden menurut uud 1945

Sumber: Sekretariat Presiden

Hal yang harus dikerjakan kepala negara Indonesia dibedakan atas dua kedudukan yang dimilikinya yakni sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Tugas Sebagai Kepala Negara

  1. Mempunyai kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara menurut Undang-undang Pasal 10.
  2. Presiden memilih dan memutuskan pengangkatan duta dan konsul menurut Undang-undang Pasal 13 ayat 1.
  3. Menerima dan menempatkan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menurut Undang-undang Pasal 13 ayat 1.

Tugas Sebagai Kepala Pemerintahan

  1. Memiliki kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar Pasal 4 ayat 1.
  2. Mengesahkan peraturan pemerintahan untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya menurut Undang-undang Pasal  3 ayat 2.
  3. Mengangkat dan memberhentikan para menteri menurut Undang-undang Pasal 17 ayat 2.
  4. Mengesahkan rancangan Undang-Undang yang telah disetujui bersama untuk menjadi Undang-Undang, menurut Undang-undang Pasal 2 ayat 4.
  5. Membuat rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang kemudian diajukan presiden untuk dibahas bersama DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD, menurut Undang-undang Pasal 23 ayat 2.
  6. Mengesahkan anggota BPK yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD, menurut Undang-undang Pasal 23F ayat 1.
  7. Memberikan persetujuan dan menetapkan Hakim Agung yang pencalonannya diusulkan oleh Komisi Yudisial dan DPR, menurut Undang-undang Pasal 24A ayat 3.
  8. Mengangkat dan memberhentikan anggota yudisial dengan persetujuan DPR, menurut Undang-undang Pasal 24B ayat 3
  9. Menetapkan anggota hakim konstitusi di MK yang diajukan oleh MA, DPR, dan Presiden, menurut Undang-Undang Pasal 24C ayat 3

Wewenang Presiden 

tugas dan wewenang presiden

Sumber: Sekretariat Presiden

  1. Dapat mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR untuk akhirnya diproses, menurut Undang-Undang Pasal 5 ayat 1
  2. Bisa menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain melalui persetujuan DPR, menurut Undang-Undang Pasal 11 ayat 1.
  3. Mampu membuat perjanjian internasional lainnya yang dapat menimbulkan akibat yang luas dan mendasar bagi kehidupan rakyat yang terkait dengan beban keuangan negara dan/atau mengharuskan pembentukan dan perubahan UU dengan persetujuan DPR, menurut Undang-Undang Pasal 11 ayat 2.
  4. Memiliki kewenangan dalam menyatakan keadaan bahaya yang syarat-syarat dan akibatnya dalam keadaan bahaya telah ditetapkan dalam Undang-Undang, wewenang presiden  menurut Undang-Undang Pasal 12.
  5. Memiliki kewenangan dalam memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung, menurut Undang-Undang Pasal 14 ayat 1.
  6. Memiliki kewenangan dalam memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan DPR, menurut Undang-Undang Pasal 14 ayat 2.
  7. Memiliki kewenangan dalam memberi gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan lainnya yang telah diatur dalam Undang-Undang, wewenang presiden menurut Undang-Undang Pasal 15.
  8. Membentuk suatu dewan pertimbangan yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden yang kemudian telah diatur dalam Undang-Undang, wewenang presiden menurut Undang-Undang Pasal 16
  9. Memiliki kewenangan dalam menetapkan peraturan pemerintahan pengganti Undang-Undang jika dalam hal genting yang memaksa, menurut Undang-Undang Pasal 22 ayat 1.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai tugas dan wewenang Presiden Menurut UUD 1945 yang bisa kamu ketahui.

***

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Cisauk Point Tangerang.

Buka lembaran baru, wujudkan impianmu dan kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Christantio Utama

Penulis Rumah123.com yang terus belajar tentang dunia Properti dan Keuangan.
Karena memiliki rumah adalah impian dan mencari uang adalah kewajiban.
Pecinta olahraga Badminton dan penonton setia kartun Digimon.