OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apa Saja Tugas dan Wewenang MPR? Yuk, Simak Daftar Lengkapnya!

12 September 2022 · 2 min read Author: Christantio Utama

majelis permusyawaratan rakyat

Terdapat beberapa tugas dan wewenang MPR yang jarang diketahui oleh sebagian orang. Yuk, simak daftar lengkapnya!

Selain Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR), Indonesia juga memiliki Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai badan Legislatif negara.

Sebagai salah satu lembaga Legislatif di Indonesia, Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR tentunya memiliki peran penting dalam sistem ketatanegaraan.

MPR sendiri memiliki beberapa tugas dan wewenang yang penting untuk dijalankan agar negara bisa berjalan dengan baik dan benar.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk kita mengetahui tugas dan wewenang MPR sebagai pengetahuan dasar kamu.

Penasaran apa saja?

Yuk, langsung saja kita simak apa saja tugas dan wewenang MPR berikut ini, melansir berbagai sumber.

Tugas dan Wewenang MPR

tugas dan wewenang mpr

Sumber: JAKARTA POST/SETO WARDHANA

Berdasarkan halaman MPR.go.id, terdapat beberapa tugas serta wewenang MPR yang bisa kamu ketahui.

  1. Mengubah dan menetapkan undang-undang dasar;
  2. Melantik presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil pemilihan umum dalam sidang paripurna MPR;
  3. Memutuskan usul DPR berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi untuk memberhentikan presiden dan/atau wakil presiden dalam masa jabatannya setelah presiden dan atau wakil presiden diberi kesempatan untuk menyampaikan penjelasan di dalam sidang paripurna MPR;
  4. Melantik wakil presiden menjadi presiden apabila presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya;
  5. Memilih wakil presiden dari dua calon yang diajukan presiden apabila terjadi kekosongan jabatan wakil presiden dalam masa jabatannya selambat-lambatnya dalam waktu enam puluh hari;
  6. Memilih presiden dan wakil presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya, dari dua paket calon presiden dan wakil presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang paket calon presiden dan wakil presidennya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan sebelumnya, sampai habis masa jabatannya selambat-lambatnya dalam waktu tiga puluh hari;
  7. Menetapkan peraturan tata tertib dan kode etik MPR.

Itulah tadi daftar lengkap mengenai tugas serta wewenang MPR yang bisa kamu ketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

***

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru, wujudkan impianmu dan kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA