Bus yang Didesain oleh Jonny Culkin (Rumah123/Dezeen)

Desainer transportasi asal Inggris, Jonny Culkin merancang sebuah transportasi urban di masa depan. Bus rancangannya ini akan wira wiri di ibu kota Inggris, London.

Culkin merancang bus ini tanpa sopir. Sejumlah produsen mobil juga sudah banyak mendesain kendaraan tanpa sopir di masa depan. Dia ingin agar mobil listrik dan teknologi elektrik pada mobil pribadi seharusnya diaplikasikan pada kendaraan umum alias bus.

Baca juga: Kota Zurich Punya Komitmen Kembangkan Transportasi Massal

Yang membuat rancangan berbeda adalah Culkin membuat bus ini memiliki jendela yang lebar. Dia menginginkan agar mereka yang naik bus alias kaum komuter bisa menikmati pemandangan selama di perjalanan.

Dia menyatakan kalau bus ini merupakan versi kecil dari Routemaster, bus yang sempat didesain ulang oleh desainer dan arsitek Thomas Heatherwick.

Baca juga: Luar Biasa, Fotografer Jerman Potret 500 Halte Bus Era Uni Soviet Selama 7 Tahun!

Culkin mengilustrasikan kalau kendaraan ini merupakan wujud teknologi dengan wajah yang ramah. Para penumpang bisa menikmati pemandangan kota London selama berada di dalam bus.

Desainer asal Coventry, Inggris ini percaya kalau para penumpang akan lebih nyaman menggunakan transportasi yang terlihat familiar, bukan transportasi yang terlihat ultra futuristik.

Baca juga: Integrasi Bus, Kereta, dan Sepeda, Ini Baru Sistem Transportasi Oke!

Dia juga membayangkan kalau kendaraan ini akan ringan. Dia mendesain kerangka mobil dari komposit karbon sedangkan kaca terbuat dari polikarbonat.

Selain itu, tempat duduk, lantai, dan bagian lainnya diproyeksikan akan dibuat dari bahan ramah lingkungan atau bahan daur ulang. Wah, benar-benar keren ya.

Baca juga: Di Jerman Sudah Ada Bus Tanpa Sopir, Kalau di Indonesia Kapan Ya?

Kira-kira bus umum dan TransJakarta di Indonesia pada masa mendatang bakal kayak gini juga nggak ya? Mudah-mudahan mirip ya.

Bagikan: 1383 kali