Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Mengintegrasikan Transpatriot dan Transjakarta (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Bus Transpatriot direncanakan bakal terintegrasi dengan bus Transjakarta. Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Integrasi kedua moda transportasi ini merupakan salah satu kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Transpatriot memang masih menjalani masa uji coba, sementara Transjakarta sudah beroperasi sejak 2004. Saat ini, Transjakarta telah memiliki 13 koridor.

Baca juga: Mau Tahu Bedanya Transpatriot dengan Transjakarta

Bus Transpatriot baru ada delapan. Transpatriot baru melayani dua rute yaitu Terminal Bekasi-Harapan Indah dengan 21 halte dan Harapan Indah-Bekasi dengan 13 halte.

Transpatriot beroperasi dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Pihak pengelola belum menentukan tarif resmi untuk penumpang.

Belum lama ini, Kementerian Perhubungan menghibahkan sejumlah bus kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, 21 di antaranya diberikan kepada Pemerintah Kota Bekasi.

Baca juga: Ternyata, Penumpang Transpatriot Bekasi Belum Penuhi Target Operator

Pemkot Bekasi merencanakan untuk memperbanyak jumlah unit bus Transpatriot. Ada tambahan 21 bus, sekarang Transpatriot mempunyai 29 bus dan juga satu bus sekolah.

“Jadi nanti mengurangi transportasi (Transjakarta dari Bekasi) ke Jakarta, Transjakarta nanti feeder-nya tuh ini (Transpatriot), jadi ada interkoneksinya. Ke Jakarta tuh pakai ini (Transpatriot), Transjakarta selesai,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi seperti dikutip oleh Kompas.com.

Nantinya, masyarakat Kota Bekasi dapat memakai Transpatriot untuk melakukan perjalanan ke Jakarta. Sementara sebelumnya, warga Bekasi memakai Transjakarta untuk menuju ke Jakarta.

Baca juga: Kemenhub Beri Hibah Bus, Transpatriot Bekasi Berencana Tambah Rute

Setelah adanya integrasi antara Transpatriot dan Transjakarta, bakal ada bus feeder atau bus pengumpan Transjakarta. Pemkot Bekasi juga akan mengaturnya termasuk juga menambah armada bus sekolah.

Kalau ada integrasi Transpatriot dan Transjakarta, kamu bakal punya alternatif transportasi. Bekasi juga memiliki jalur kereta listrik commuter line. Kenapa nggak cari hunian di Bekasi?

Banyak hunian di kota yang masuk area penyangga Jakarta ini. Yuk, cari rumah di Bekasi. Kamu bisa irit biaya transportasi ke kantor. Dananya bisa kamu alihkan untuk cicilan rumah.

Baca juga: Tertarik Naik Transpatriot, Warga Bekasi Minta Jumlah Rute Ditambah

Bagikan: 1000 kali