Pemerintah Kota Bekasi Mulai Menguji Coba Transpatriot Pada Senin (26/11/2018) (Foto: Rumah123/Elshinta.com)

Pemerintah Kota Bekasi mulai menguji coba operasional bus Transpatriot pada Senin (26/11/2018) ini. Pengoperasian dilakukan oleh Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP).

Sebanyak sembilan bus akan dioperasikan. Bus bakal berhenti di 22 halte bus khusus Transpatriot. Masyarakat sudah dapat memanfaatkan jasa transportasi ini.

“Besok (Senin) itu uji coba operasional, launching-nya kan sudah pada HUT Kota Bekasi. Bus ini hanya berhenti di shelter-shelter saja,” ujar Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot, Iqbal Daus seperti dilansir oleh Kompas.com.

Baca juga: Kalau Tarif MRT Hanya Rp8.000-9.000, Buruan Cari Hunian Dekat Stasiun MRT

Semua persiapan uji coba operasional sudah dilakukan secara matang. Namun, Perusahaan Daerah Mitra Patriot masih terus memikirkan aspek teknis bus.

Pihak pengelola juga sudah melakukan kajian teknis selama beberapa bulan terkait hal teknis. Tidak ketinggalan, sejumlah aspek lain juga dikaji seperti aspek sosiologis dampak lingkungan dan aspek yuridis.

Perusahaan Daerah Mitra Patriot sudah menghubungi sejumlah pengusaha angkutan umum. Iqbal menyatakan para pengusaha memberikan dukungan seraya menyadari kalau angkutan reguler sifatnya beroperasi secara regional, sementara Transpatriot hanya berhenti di halte.

Baca juga: Dah Tau Belum Rute Baru Transjakarta? Stasiun Tanah Abang-Stasiun Gondangdia PP

Bus Transpatriot akan beroperasi pada dua rute. Rute pertama yaitu Terminal Bekasi-Harapan Indah yang berjarak 14,7 kilometer.

Rute kedua adalah Harapan Indah-Terminal Bekasi yang jaraknya 9,6 kilometer. Meski keduanya sama, namun arah perjalanan berbeda.

Program ini sudah diperkenalkan kepada masyarakat Bekasi sejak Desember 2017. Transpatriot sempat mangkrak selama 11 bulan lantaran kegagalan lelang operator. Nah, buat kamu yang tinggal di Bekasi, yuk mulai naik angkutan umum.

Baca juga: September 2017, Transpatriot Beroperasi, Orang Bekasi Bisa Lebih Ngirit Ongkos!

Bagikan: 797 kali