transjakarta- Rumah123.com Operator Transjakarta, PT Transjakarta Membuka Rute Baru Kampung Melayu-Puri Beta Mulai Sabtu (20/07/2019). Rute Ini Juga Terkoneksi dengan Sejumlah Koridor Transjakarta Lainnya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta membuka rute baru yaitu Kampung Melayu-Puri Beta. Rute baru ini memiliki nomor rute 13 F. Masyarakat punya pilihan beragam dalam menggunakan transportasi massal.

Pengelola bus Transjakarta, PT Transjakarta terus memperbanyak rute. Transjakarta membuka rute baru Kampung Melayu-Puri Beta pada Sabtu (20/07/2019).

Sebelumnya, Transjakarta juga membuka rute baru dari Kampung Rambutan-Universitas Indonesia dan juga Manggarai-Universitas Indonesia. Transjakarta juga akan melayani kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Transjakarta Punya Rute Baru untuk Warga yang Tinggal di Rumah DP Rp0

Transjakarta juga membuka rute baru ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Rute baru ini hadir untuk memudahkan para pekerja bandara.

Rute baru Kampung Melayu-Puri Beta ini menghubungkan Terminal Kampung Melayu di Jakarta Timur dengan kawasan Puri Beta di Ciledug, Tangerang.

“Rute baru ini yang dilayani dengan bus Metrotrans semakin memudahkan masyarakat beraktivitas menggunakan layanan transportasi publik milik Pemprov DKI Jakarta,” kata Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo seperti dikutip oleh situs berita online Kompas.com.

Baca juga: Demi Keamanan, Bus Listrik Transjakarta Akan Dibuat Berisik

Wibowo menyatakan kalau rute baru ini diharapkan bisa menggugah keinginan masyarakat yang menggunakan motor atau mobil untuk beralih ke transportasi massal.

Penambahan rute ini tentunya mempermudah warga dalam beraktivitas. Transjakarta beroperasi di lima wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan juga sejumlah kawasan penyangga seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang.

Seperti dikutip oleh Antaranews.com, Direktur Operasional Transjakarta, Daud Joseph pernah menyatakan kalau Transjakarta akan membuka lima rute setiap bulannya.

Baca juga: Transjakarta Akan Beroperasi di Kampus UI Mulai Agustus 2019

Transjakarta beroperasi sejak 2004 dan sudah melayani ratusan rute perjalanan. Transjakarta merupakan Bus Rapid Transit (BRT) pertama yang beroperasi di Asia Tenggara. Sistemnya mengadopsi BRT di Bogota, Kolombia.

Transjakarta Kampung Melayu-Puri Beta Lewati 21 Halte

Bus Transjakarta rute Kampung Melayu-Puri Beta ini beroperasi setiap hari. Jam operasionalnya mulai dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB (Waktu Indonesia Barat).

Situs Antaranews.com melansir bahwa Transjakarta ini akan melewati 21 halte yaitu Kampung Melayu - Bidara Cina - Gelanggang Remaja - Otista - Cawang Ciliwung - Cikoko Stasiun Cawang - Tebet BUMD - Pancoran Barat - Tendean - Rawa Barat - Tirtayasa - Mayestik - Velbak - Kebayoran Lama - Seskoal - Cipulir - Swadarma - JORR - Adam Malik - Puri Beta 1 - Puri Beta 2.

Adanya rute 13 F Kampung Melayu-Puri Beta ini menambah jumlah layanan dan rute Transjakarta dengan tujuan akhir Puri Beta, Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Sebelumnya, sudah ada sejumlah rute Transjakarta yang melayani Puri Beta seperti koridor 13 A (Blok M–Ciledug Puri Beta), Koridor B (Pancoran Barat-Puri Beta), Koridor C (Tosari-Puri Beta), Koridor D (Ragunan-Puri Beta), dan Koridor E (Kuningan-Puri Beta).

Transjakarta Kampung Melayu-Puri Beta Terkoneksi dengan Koridor Lain

Rute bus Transjakarta terbaru juga terkoneksi dengan sejumlah koridor lain Transjakarta. Ada tiga koridor yang terhubung dengan rute Kampung Melayu-Puri Beta.

Koridor yang terhubung adalah Koridor 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu), Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), dan Koridor 13 A (Ciledug-Tendean).

Situs berita online Wartakota Tribunnews.com melansir bahwa Koridor 13 F Kampung Melayu-Puri Beta memang bersinggungan dengan rute Koridor 13 A Ciledug-Puri Beta dari halte Puri Beta 2, Puri Beta 1, Adam Malik, JORR, Swadarma, Cipulir, Seskoal, Kebayoran Lama, Velbak, Mayestik, Tirtayasa, Rawa Barat, dan Tendean.

Kemudian Koridor 13 F akan bergabung dengan Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit di halte Pancoran Barat, Tebet BUMD, Cikoko Stasiun Cawang, dan Cawang-Ciliwung.

Lantas Koridor 13 F ini akan bergabung dengan Koridor 7 Kampung Rambutan-Kampung Melayu di halte Otista, Gelanggang Remaja, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Bagikan: 2041 kali