transjakarta- rumah123.com Ilustrasi Transjakarta. Operator Transjakarta, PT Transjakarta Membuka Rute Baru yang Terkoneksi dengan LRT Jakarta di Stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta Utara (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta mengoperasikan satu rute baru. Rute ini juga terkoneksi dengan jaringan transportasi massal lainnya, LRT Jakarta.

Operator BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta, PT Transjakarta membuka satu rute baru yaitu 10 F. Rute ini menghubungkan Sunter, Kelapa Gading, dan juga Pegangsaan Dua.

Pegangsaan Dua merupakan stasiun sekaligus depo LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jakarta. Stasiun ini baru saja diresmikan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terkoneksi dengan LRT Jabodebek, Transjakarta, dan LRT Bandung

“Rute baru Non-BRT ini kami siapkan untuk integrasi antarmoda bagi warga DKI,” kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo seperti dikutip media online medcom.id.

Transjakarta telah menyiapkan lima bus dengan tipe minitrans. Operator menjadwalkan kalau bus ini akan berangkat setiap 10 menit. Bus memiliki kapasitas 30 orang penumpang.

Rute Baru Transjakarta Memudahkan Penumpang LRT

Operator Transjakarta berharap rute baru ini bisa mempermudah para penumpang LRT dari Stasiun Pegangsaan Dua menuju Mal Artha Gading dan Mall of Indonesia.

Selain itu, penumpang yang tinggal di perumahan di sepanjang Jalan Boulevard Artha Gading hingga Jalan Raya Kelapa Nias serta apartemen Gading Nias juga bisa mendapatkan kemudahaan akses transportasi.

Sebenarnya, setiap stasiun LRT Jakarta juga telah terhubung dengan JakLingko dan juga Transjakarta. Stasiun Velodrome telah terhubung dengan Transjakarta rute Pulogadung-Dukuh Atas. Penumpang LRT bisa transit di stasiun ini. Begitu juga sebaliknya, penumpang Transjakarta dapat transit dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan LRT.

Baca juga: Transjakarta Sudah Mulai Melakukan Uji Coba Bus Listrik

LRT Jakarta belum beroperasi secara komersial. Kereta layang ini baru menjalani serangkaian uji coba. LRT Jakarta sempat diproyeksikan beroperasi pada pertengahan 2018.

Saat itu, Jakarta menjadi tuan rumah bersama untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. LRT Palembang di Sumatera Selatan sudah beroperasi sejak 2018.

LRT Jakarta memiliki rute sepanjang 5,8 kilometer. Ada enam stasiun yang berada di rute ini yaitu Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equistrian, dan Velodrome Rawamangun.

Baca juga: Transjakarta Tambah 46 Rute Baru Pada Perluasan Kawasan Ganjil Genap

Nantinya, ada rencana pembangunan fase lanjutan. Fase itu adalah Velodrome-Jakarta International Stadium dan Velodrome-Manggarai.

Rute Baru Transjakarta Terkoneksi dengan Rute Lainnya

Rute baru Transjakarta ini akan terhubung dengan sejumlah rute lainnya. Rute 10 F ini akan terhubung dengan JAK 59 (Rawamangun - Rawasengon), JAK 60 (Kelapa Gading - Rusun Kemayoran), JAK 61 (Pulo Gadung - Cempaka Putih via Kelapa Gading), JAK 24 (Senen - Pulo Gadung via Kelapa Gading).

Selain itu, rute 10 F ini juga terkoneksi dengan 10 (Tanjung Priok - Pusat Grosir Cililitan (PGC) 2), 10D (Tanjung Priok - Kampung Rambutan), L10 (Tanjung Priok - PGC 2 via tol Sunter), 12 (Penjaringan - Sunter Kelapa Gading), 12D (Rusun Sukapura - Sunter via Kelapa Gading), B12 (Summarecon Bekasi - Tanjung Priok).

Operator Transjakarta memang terus membuka rute baru. Transjakarta juga berencana menambah armada untuk jalan yang terkena sistem pembatasan kendaran ganjil genap.

Baca juga: Transjakarta Operasikan Bus Gratis di Kawasan Stadion Gelora Bung Karno

Bagikan: 732 kali