Transjakarta- Rumah123.com PT Transjakarta Telah Menjalin Kerja Sama Dengan PT Angkasa Pura II Untuk Membuka Jalur Transjakarta Ke Bandara Soekarno Hatta Yang Berada di Tangerang, Banten. Nantinya, Transjakarta Akan Bertarif Komersial Tanpa Subsidi (Foto: Rumah123/Getty Images)

PT Transjakarta akan membuka rute baru menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Tarif bus akan dikenakan tarif komersial tanpa subsidi.

Sebelumnya, PT Transjakarta selaku operator Transjakarta sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU atau Memorandum of Understanding) dengan PT Angkasa Pura II (AP II) beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan bahwa rute bus Transjakarta ke bandara Soetta menyasar para pekerja bandara. Ada 50.000 pekerja yang pastinya terbantu dengan layanan transportasi massal dengan harga terjangkau.

Baca juga: Transjakarta Punya 4 Rute Baru Lagi, Ke Mana Aja Ya

Agus menyatakan jika karyawan bandara pergi pulang ke bandara setiap hari tentu ongkosnya sangat besar. Transjakarta berkomitmen membuka rute ini untuk membantu karyawan bandara. Transjakarta menyampaikan hal ini kepada AP II.

Transjakarta menyatakan akan memberikan layanan tanpa subsidi. Hal ini dilakukan agar tidak mematikan operator bus lainnya.

Saat ini, pada tiga terminal bandara sudah ada sejumlah operator bus seperti Damri dan Perum PPD. Para operator yang sudah lebih dulu ada, mengoperasikan bus dengan tarif yang jauh lebih mahal dari Transjakarta.

Baca juga: Buka 5 Rute Baru, Transjakarta Bakal Terintegrasi dengan MRT

Rata-rata tarif bus bandara dari Soekarno-Hatta ke Jakarta bervariasi antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu. Kalau semakin jauh seperti ke Bekasi, Cikarang, dan lainnya, tarif pun semakin mahal.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono sempat menyatakan bahwa bus Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta akan dikenakan tarif komersial tanpa subsidi. Hal ini berbeda dengan rute lainnya yang mendapatkan subsidi sehingga tarifnya hanyar Rp3.500.

Bagi yang kamu sering wira wiri bandara untuk dinas luar kota atau luar negeri, kamu memiliki pilihan lain untuk menuju bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya. Sebelumnya, sudah ada bus bandara dan keretan bandara.

Baca juga: Bundaran Senayan-Monas Jadi Rute Pertama Uji Coba Bus Listrik Transjakarta

Atau buat kamu yang memang bekerja di bandara, kamu juga mempunyai pilihan lain untuk menuju ke tempat bekerja dan juga pulang. Kalau sudah beroperasi, Transjakarta dengan tarif komersial dan non subsidi sepertinya masih lebih murah dibandingkan bus bandara.

By the way, mulai dari sekarang yuk biasakan untuk naik transportasi massal seperti bus Transjakarta, kereta rel listrik commuter line, LRT (light rail transit/lintas rel terpadu), atau MRT (mass rapid transit/moda raya terpadu).

Bagikan: 2333 kali