Ilustrasi Bus Listrik, Transjakarta Berencana Menguji Coba Bus Listrik Pada Mei 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Akhirnya, ada juga bus listrik ramah lingkungan yang bakal wira wiri di Jakarta. PT Transjakarta bakal menguji coba 10 bus listrik pada Mei 2019. Jangan lupa, catat waktunya ya gaes.

Kompas.com melansir bahwa PT Transjakarta sudah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan sejumlah perusahaan untuk menghadirkan bus listrik ramah lingkungan ini di Jakarta.

Beberapa institusi yang diajak berkolaborasi adalah BYD Auto Industry, PT Mobil Anak Bangsa, PT RAC Danfoss, PT Bakrie Autoparts, dan juga satu perguruan tinggi ternama yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Rute Baru Transjakarta Gelora Bung Karno-Kalideres Berhenti di Halte Mana Aja Ya

PT Transjakarta memang berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan uji coba bus listrik. Kerja sama ini juga memulai pengembangan bus listrik di Jakarta.

Uji coba bus listrik ini akan dilakukan selama enam bulan. Uji coba ditargetkan dimulai pada Mei 2019. Sebelum ada uji coba, harus ada legalitas terlebih dahulu.

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengungkapkan bahwa berdasarkan riset, bus listrik ini rendah emisi, bahkan ada yang emisi nol. Bus listrik biasanya diklaim ramah lingkungan.

Baca juga: Asyik, Tiap Senin Selama 2 Bulan Gratis Lho Kalau Naik Transjakarta dari Summarecon Bekasi

Dia melanjutkan kalau riset memang menunjukkan kalau emisi karbon itu 40 persennya berasal dari transportasi. Jadi kalau terus menerus menggunakan kendaraan bermotor, emisinya besar sekali.

Akhirnya, ada juga bus listrik yang ramah lingkungan bakal melaju di jalan ibukota. Semoga saja, semua bus Transjakarta nantinya merupakan bus listrik.

By the way, kamu sering naik Transjakarta belum? Mulai dari sekarang, biasakan untuk naik transportasi massal ya. Kamu belum tahu kan kalau Transjakarta punya banyak rute.

Baca juga: Transjakarta Punya 4 Rute Baru Lagi, Ke Mana Aja Ya

Bagikan: 640 kali