Transjakarta Manggarai-UI Ilustrasi Penumpang Transjakarta. Operator Transjakarta, PT Transportasi Jakarta Membuka Rute Baru dari Manggarai, Jakarta ke Kampus Universitas Indonesia, Depok Mulai 1 Agustus 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta akan beroperasi di kawasan kampus Universitas Indonesia (UI) Depok mulai Agustus 2019. Ada dua rute yang melintas yaitu Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI.

Operator Transjakarta, PT Transportasi Transjakarta mengoperasikan 35 bus untuk dua tersebut. Nantinya, bus bakal melintas di dalam kompleks kampus. Rute Manggarai-UI memiliki kode 4B. Rute ini akan terkoneksi dengan koridor 4, Pulogadung-Dukuh Atas di halte Manggarai.

Seperti dikutip oleh situs Kompas.com, Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono mengungkapkan kalau angkutan publik Transjakarta akan melayani kampus UI mulai Agustus 2019.

Baca juga: Demi Keamanan, Bus Listrik Transjakarta Akan Dibuat Berisik

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan UI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) untuk penyediaan angkutan massal dalam kampus UI.

Transjakarta memang terus menambah jumlah rute termasuk jalur yang berada di kawasan penyangga Jakarta seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang. Hal ini untuk memudahkan para pengguna yang tinggal di area pinggiran kota.

Selain itu, Transjakarta juga mulai melakukan koneksi dengan transportasi massal lainnya seperti MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit), LRT (Lintas Rel Terpadu/Light Rail Transit), dan lainnya.

Baca juga: Transjakarta Punya Rute Baru untuk Warga yang Tinggal di Rumah DP Rp0

 

Naik Transjakarta Gratis dalam Kampus UI

Bagi mahasiswa-mahasiswi UI yang ingin naik Transjakarta di dalam kampus UI tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis. Namun, jika mereka ingin keluar dari kampus, harus membayar sesuai tarif. Operator akan mengatur mekanisme mengenai hal tersebut.

“Gratis selama hanya di dalam UI. Kalau dia keluar UI maka bayar tarif reguler sebesar Rp 3.500,” kata Agung lagi. Bus ini memiliki kapasitas 68 orang baik duduk maupun berdiri. Bus akan berhenti selama lima menit di depan setiap fakultas.

Operator akan melakukan uji coba terlebih dahulu, apalagi kebetulan mahasiswa mahasiswi UI masih libur. PT Transjakarta ingin mengetahui fasilitas apa saja yang dibutuhkan dalam menunjang operasional bus.

Rencana operasional Transjakarta ini akan menambah transportasi massal yang melintasi kampus UI. Kereta rel listrik (KRL) commuter line sudah lebih dulu dan mempunyai dua stasiun yaitu stasiun UI dan stasiun Pondok Cina.

 

Kehadiran Transjakarta Diharapkan Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Situs Detik.com mengutip pernyataan Rektor UI, Muhammad Anis yang menyatakan kalau kerja sama penyediaan transportasi massal ke kampus UI merupakan upaya salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia ini menuju ke kampus yang hijau.

“Transportasi yang kita bangun dalam kampus ini upayanya lebih ke publik, kita kurangi gimana kendaraan pribadi bisa kita kurangi, ke depan kalau dimungkinkan tidak ada satu pun kendaraan pribadi masuk ke kampus tapi transportasi publik kita kembangkan,” ujar Anis.

Anis mengungkapkan Transjakarta mempunyai armada bus yang ramah dengan kaum difabel yang tentunya diperlukan dalam memberikan pelayanan terbaik.

Sementara Agung menambahkan bahwa kehadiran Transjakarta di dalam kampus UI memang diharapkan bisa membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Jadi layanan Transjakarta selama ini sebenarnya sudah ada yang menuju masuk ke UI, tapi ini akan kita lanjutkan masuk ke kawasan UI melayani mahasiswa UI, jadi dua titik transportasi publik penting yaitu Lebak Bulus MRT dan Manggarai KRL akan terhubung dengan UI, dengan harapan kami bisa bantu kurangi pengedaran kendaraan pribadi di kampus UI,” kata Agung.

Hal senada diungkapkan oleh Anis yang menyatakan, “Kerja sama ini selaras dengan upaya UI untuk menambah transportasi publik masuk kampus guna mengurangi jumlah kendaraan pribadi serta dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi warga UI, khususnya para mahasiswa maupun dosen dan staf.”

 

Transjakarta Akan Menambah Rute Lagi Menuju Kampus UI

Setelah dua rute baru ini yaitu Manggarai-UI dan Lebak Bulus-UI, Transjakarta berencana akan menambah tiga rute baru lagi yang menuju UI. Nantinya ada tambahan armada sebanyak 15 bus.

Agung menyatakan tiga tambahan rute itu adalah Kampung Rambutan-UI melalui Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI melalui Jalan Raya Bogor, dan Margonda-UI. Transjakarta sudah menyampaikan permintaan tambahan rute ini kepada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta agar disetujui.

“Harapannya dengan layanan baru semakin membantu dan memudahkan setiap orang. Dan tentunya menambah jumlah pelanggan Transjakarta,” kata Agung lagi.

Baca juga: Transjakarta Buka Rute Baru Ke Bandara Soetta, Tarif Komersial Tanpa Subsidi

Bagikan: 2208 kali