Ilustrasi (Foto: Rumah123/Jhony Hutapea)

Buat kamu yang bermobilitas Bogor-Jakarta dan sebaliknya, tambah lagi satu moda transportasi umum yang bakal melancarkan aktivitasmu dari dan ke kedua kota tersebut, yakni Bus Transjabodetabek Premium. Transportasi umum kelas premium ini mulai diujicobakan pada Selasa, 31 Oktober 2017, oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) selama dua pekan.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Jawa Barat, Jimmy Hutapea, menyebutkan, ada tiga unit bus yang diuji-cobakan. "Rencananya uji-coba dilakukan 31 Oktober, ada tiga unit bus, beroperasi selama dua minggu," kata Jimmy, seperti dikutip Antaranews.com, Kamis (26/10/2017).

Baca juga: 2020, Bogor-Jakarta Bisa Lewat Stasiun Sukaresmi Lho!

Bus Premium ini berbayar dan menggunakan tiket dengan biaya uji-coba antara Rp30.000 sampai Rp40.000 sekali jalan. "Untuk besaran tarif belum disepakati, masih menunggu Organda, untuk mengantisipasi jangan sampai mengalahkan angkutan reguler yang sudah ada," kata Jimmy.

Waktu keberangkatannya: Pagi pukul 04.00-07.00 WIB dan sore pukul 16.00-19.00 WIB. Menempuh rute: Berangkat dari pool Damri Botani Square (Bogor) menuju Senayan (Jakarta).

Baca juga: Pengembang Ini Bangun Resor Mahasiswa Bebas Narkoba di Bogor

Adapun rincian rute uji-coba Transjabodetabek untuk keberangkatan pagi: Berangkat dari Bogor masuk gerbang Tol Bogor, keluar di Jembatan Semanggi, Jalan Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman, putaran balik, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pintu Gelora 1, Jalan Asia Afrika, Jalan Akses Sentral Senayan (titik akhir).

Sedangkan untuk keberangkatan sore: Jalan Akses Sentral Senayan, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran Senayan, Jalan Gatot Subroto, masuk gerbang Tol Semanggi 2, dan keluar Bogor.

Baca juga: Royal Tajur Raih The Prospective Housing in Bogor Versi PIA 2017

Bus dilengkapi fasilitas sinyal wifi gratis, isi ulang daya ponsel, dan kecepatan terjamin dengan tarif yang terjangkau. "Selama masa uji coba ini bus Transjabodetabek Premium Bogor-Jakarta akan dikawal voorijder," kata Jimmy.

Jimmy menyebutkan program TransJabodetabek Premium trayek Bogor-Senayan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan. Diharapkan pengendara mobil pribadi beralih menggunakan bus Transjabodetabek Premium.

Baca juga: Harga Tanah di Dramaga-Bogor Kini Sekitar Rp2,5-3,5 Juta/Meter

Ada dua hal yang akan diamati selama uji-coba. Pertama, sejauh mana prasarana di jalan tol yang dilalui bus premium ini, yang menggunakan jalur khusus di jalan tol. Akan dilihat seberapa optimalnya bus premium ini memanfaatkan jalan khusus tersebut. Kedua, melihat implikasi Bus Premium ini apakah benar akan mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi menjadi bus premium.

Nah, agar transportasi  umum ini terus dioperasikan setelah masa uji-coba, kamu yang bermobilitas Bogor-Jakarta bisa maksimal memanfaatkannya, ketimbang capek bawa mobil sendiri dari Bogor ke Jakarta atau sebaliknya, ya kan?

Bagikan:
2057 kali