Trans Sumatera- Rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung Direncanakan Beroperasi Pada Agustus 2019. Jalan Tol Ini Memiliki Panjang 185 Kilometer (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung akan beroperasi pada Agustus 2019. Ruas ini menjadi salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia.

Situs Republika.co.id mengutip pernyataan Project Manager PT Hutama Karya (Persero), Hasan Turcahyo yang menyatakan bahwa pembangunan ruas jalan tol ini sudah selesai dan menyisakan beberapa penyempurnaan sehingga bisa beroperasi pada Agustus 2019.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan ruas tol ini pada 17 Agustus 2019. Setelah peresmian, jalan tol bisa beroperasi.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Hutama Karya masih menyempurnakan sejumlah pekerjaan seperti pemasangan pembatas jalan atau gate rail serta pemasangan rambu-rambu dan marka jalan. Selain itu, juga masih ada penyelesaian pembangunan tempat istirahat dan pelayanan atau rest area di sepanjang jalan tol.

Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah bangunan rest area ini merupakan bangunan permanen atau bersifat sementara. Nantinya, bangunan tempat istirahat dan pelayanan ini memang permanen.

Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung ini memiliki rute sepanjang 185 kilometer. Terbanggi Besar berada di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, sedangkan Kayu Agung berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Baca juga: Siapa Mudik Lebaran Lewat Trans Sumatera, Pastikan Tahu Tarif Tolnya

Ruas tol ini terbagi menjadi dua seksi yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 100 kilometer dan Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 85 kilometer. Pematang Panggang berada di Ogan Komering Ilir.

Jika ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung resmi beroperasi maka jarak tempuh Lampung-Palembang bisa menjadi lebih cepat. Sebelumnya, jarak tempuh kedua provinsi ini bisa mencapai 8-10 jam, namun kalau lewat tol bisa dicapai dalam 3-4 jam saja.

Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang ini sebenarnya merupakan lanjutan dari tol Trans Sumatera yang dimulai dari ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ruas tol ini terdiri dari empat seksi.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Sumatera, Wajib Tahu Lokasi Rest Area

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar berada di Lampung sepanjang 142 kilometer. Ruas tol ini menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia dengan mengalahkan ruas tol Cipali atau Cikopo-Palimanan, Jawa Barat yang memiliki panjang 116 kilometer. Sebelumnya, tol Cipali menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Situs Detik.com pernah melansir bahwa tiga jalan tol terpanjang di Indonesia berada di Trans Sumatera. Saat beroperasi pada Agustus 2019 nanti, ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung akan mengalahkan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Selain itu, ada dua ruas tol lainnya yang termasuk terpanjang di Indonesia, semuanya masuk dalam Trans Sumatera. Ada ruas tol Padang (Sumatera Barat)-Pekanbaru (Riau) sepanjang 240 kilometer yang direncanakan selesai pada 2024 mendatang.

Baca juga: Pemudik Boleh Buka Puasa di Bahu Jalan Tol, Tapi Ada Syaratnya Lho

Ruas tol lainnya adalah Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang berada di Sumatera Utara. Ruas tol ini memiliki panjang 144 kilometer dan ditargetkan selesai pada 2020.

Hmm, jadi tidak sabar ya untuk mencoba melewati jalan tol terpanjang di Indonesia.

Bagikan: 2262 kali