tol terbanggi besar-kayu agung- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Pemerintah Menargetkan Ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Akan Beroperasi Pada Akhir 2019. Ruas Tol Ini Menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan dan Juga Menjadi Bagian dari Trans Sumatera (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pemerintah menargetkan Tol Terbanggi-Kayu Agung bakal beroperasi pada akhir 2019. Ruas tol ini menjadi salah satu tol terpanjang di Indonesia.

Perkembangan pembangunan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sudah memasuki tahap akhir. Ruas ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

Sebenarnya, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung ini terbagi menjadi dua seksi. Seksi I adalah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang yang memiliki rute sepanjang 112,20 kilometer. Situs berita online Detik.com melansir bahwa perkembangan pembangunan jalan tol ini sudah mencapai 99 persen.

Baca juga: Akan Memiliki 5 Tol Baru, Investasi di Yogyakarta-Semarang-Solo Semakin Menarik

Seksi II adalah ruas Tol Pematang Panggang-Kayu Agung. Ruas ini memiliki rute sepanjang 77 kilometer. Saat ini, perkembangan pembangunan sudah mencapai 97 persen.

Terbanggi Besar berada di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Sedangkan Pematang Panggang dan Kayu Agung berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Secara keseluruhan, perkembangan pembangunan fisik Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah mencapai 98 persen. Ruas tol ini diproyeksikan beroperasi pada akhir 2019.

Baca juga: Tol Pandaan-Malang Seksi IV Akan Beroperasi

Ruas tol ini juga telah menjalani uji laik fungsi. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang telah melalui uji laik fungsi di KM 140 hingga KM 194 pada 2-3 Mei 2019.

Sementara Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah melalui uji laik fungsi pada KM 194 sampai KM 330 pada 14-15 Agustus 2019.

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Jadi Salah Satu Tol Terpanjang di Indonesia

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini akan menjadi salah satu tol terpanjang di Indonesia. Tol ini memiliki rute lebih dari 189 kilometer.

Sebelumnya, rekor ruas tol terpanjang di Indonesia menjadi milik Tol Cipali atau Tol Cikopo-Palimanan. Ruas tol ini memiliki rute sepanjang 116,75 kilometer. Ruas ini berada di Jawa Barat dan menjadi bagian dari Trans Jawa.

Namun, rekor tersebut diambil alih oleh Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ruas ini mempunyai rute sepanjang 140,90 kilometer. Ruas ini berada di Lampung dan menjadi bagian dari Trans Sumatera.

Baca juga: Tol Bandung-Cilacap Akan Dibangun dengan Rute Sepanjang 210 Kilometer

Sebenarnya, ada sejumlah ruas tol yang akan menjadi tol terpanjang di Indonesia. Rata-rata ruas tol ini berada di Sumatera dan menjadi bagian Trans Sumatera.

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Permudah Akses di Sumatera

Detik.com menyitir pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bahwa pembangunan tol akan meningkatkan konektivitas antara dua provinsi, Lampung dan Sumatera Selatan.

Tol ini juga terhubung dengan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ruas ini juga menghubungkan Pelabuhan Bakauheni yang juga menjadi pintu masuk ke Sumatera.

Basuki menyatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif bisa mengurangi biaya logistik. Tol bisa meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Hal ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

Bagi kamu yang berencana untuk berlibur atau mudik ke Sumatera pada Natal 2019 atau Tahun Baru 2020, jangan lupa untuk mencoba jalan tol ini.

Baca juga: Tol Cijago Seksi II Ditargetkan Beroperasi Pada Akhir September 2019

Bagikan: 1643 kali