Tol Pekanbaru-Dumai Ilustrasi Jalan Tol. Presiden Joko Widodo Meninjau Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Ruas Ini Menjadi Tol Pertama di Riau. Tol Ini Ditargetkan Beroperasi Pada April 2020 (Foto: Rumah123/REA Adobe Experience Manager)

Provinsi Riau sedang membangun jalan tol pertama. Ruas tol ini diharapkan bisa beroperasi pada April 2-2020 mendatang atau sebelum Idul Fitri 2020.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan ke Riau pada Jumat (21/2/2020). Presiden juga meninjau pembangunan tol di Riau.

Laman berita online Detik.com melansir bahwa Joko Widodo meninjau pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai. Tol ini merupakan tol pertama di Riau.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Berlakukan Tarif Baru Mulai 12 Februari 2020

Presiden berharap pembangunan ruas tol pertama di provinsi ini bisa selesai pada April 2020. Tol ini menjadi salah satu tol yang dijadwalkan beroperasi pada 2020.

Ruas tol ini memiliki panjang 131 kilometer. Tol akan menghubungkan ibu kota Riau, Pekan Baru dan kota industri Dumai.

“Kita harapkan nanti akhir April selesai, bisa pakai. Sehingga pada saat Lebaran semuanya bisa lewat di sini,” ujar Joko Widodo.

Baca juga: 24 Ruas Tol Ditargetkan Beroperasi Hingga Akhir 2020

“Kalau dulu mungkin empat sampai lima jam (Pekanbaru-Dumai) kini jadi paling satu setengah jam,” lanjut mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini.

Setelah jalan tol selesai dibangun, biasanya tol bisa digunakan secara fungsional. Pengendara bisa menggunakan tol secara gratis.

Tol Pekanbaru-Dumai Merupakan Bagian dari Tol Trans Sumatera

Joko Widodo melanjutkan bahwa Tol Pekanbaru-Dumai ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera. Tol Trans Sumatera memiliki panjang 2.900 kilometer.

Saat ini, Tol Sumatera telah memiliki ruas tol yang beroperasi sekitar 460 kilometer. Ruas tol yang masih dalam proses konstruksi adalah 490 kilometer.

Pada 2020, pemerintah mengadakan lelang tol sepanjang 740 kilometer. Pada 2024, Trans Sumatera diharapkan bisa tersambung semuanya.

Baca juga: Bali Akan Memiliki Lima Jalan Tol Baru

Sejumlah ruas tol di Trans Sumatera telah beroperasi. Beberapa di antaranya adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Kedua ruas ini termasuk ruas tol terpanjang di Indonesia. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung memiliki panjang 189 kilometer.

Ruas tol ini menghubungkan dua provinsi yaitu Lampung dan Sumatera Selatan. Presiden Joko Widodo telah meresmikan tol ini pada November 2019 lalu.

Baca juga: 1 Februari 2020, Tol Dalam Kota Jakarta Berlakukan Tarif Baru

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar juga termasuk tol terpanjang di Indonesia. Tol ini mempunyai panjang 140 kilometer.

Ruas tol ini beroperasi sejak Maret 2019. Kedua tol ini mengalahkan ruas tol terpanjang sebelumnya di Indonesia yaitu Tol Cipali (Cikopo-Palimanan).

Tol Cipali sempat menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia. Tol Cipali yang memiliki panjang 116 kilometer ini beroperasi sejak 2015.

Tol Pekanbaru-Dumai Menghubungkan Dua Kota Terbesar di Riau

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai ini menghubungkan dua kota terbesar di Provinsi Riau. Pekanbaru adalah ibu kota Riau.

Sementara Dumai adalah kota industri terbesar di Riau. Kota ini dikenal sebagai penghasil minyak dan juga minyak kelapa sawit.

Ruas tol ini memiliki panjang 131 kilometer. Bayangkan kalau jalan nasional kedua kota ini adalah 200 kilometer.

Baca juga: Tarif Tol Ujung Pandang Disesuaikan Mulai 31 Januari 2020

Jika pengendara menggunakan jalan nasional maka waktu tempuh adalah 4 hingga 5 jam. Sementara kalau menggunakan jalan tol maka waktu tempuh hanya 1,5 hingga 2 jam.

Pemangkasan waktu tempuh ini tentu menguntungkan bagi perekonomian daerah dan juga mobilitas masyarakat setempat.

Bagikan:
660 kali