tol pandaan-malang- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Menyatakan Tol Pandaan-Malang di Jawa Timur Bisa Dioperasikan Dalam Waktu Dekat. Tol Ini Akan Menghubungkan Surabaya dan Malang, Dua Kota Terbesar di Jawa Timur (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis siap beroperasi. Sebenarnya, jalan tol ini telah dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran 2019.

Akses dua kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya dan Malang akan semakin lancar. Jalan tol menghubungkan kedua kota.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis akan beroperasi. Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR sudah melakukan uji laik fungsi terhadap jalan tol ini.

Baca juga: Tol Bandung-Cilacap Akan Dibangun dengan Rute Sepanjang 210 Kilometer

Situs berita online CNNIndonesia.com melansir pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, “Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Pandaan-Malang bisa selesai lebih cepat. Apabila seksi 4-5 selesai bisa langsung dioperasikan saja.”

Sebenarnya, Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis ini sudah dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran 2019. Tol dapat digunakan oleh para pengendara tanpa harus membayar.

Tol Pandaan-Malang Memiliki 5 Seksi

Jalan Tol Pandaan-Malang mempunyai lima seksi. Tol ini menghubungkan Pandaan di Kabupaten Pasuruan dengan Kota Malang, keduanya berada di Provinsi Jawa Timur.

Seksi I adalah Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,4 kilometer. Seksi II adalah Purwodadi-Lawang dengan rute sepanjang 8 kilometer.

Seksi III adalah Lawang-Singosari yang memiliki panjang 7,1 kilometer. Seksi IV adalah Singosari-Pakis yang mempunyai rute sepanjang 4,75 kilometer. Terakhir, Seksi V yaitu Pakis-Malang sepanjang 3,1 kilometer.

Baca juga: Tol Cijago Seksi II Ditargetkan Beroperasi Pada Akhir September 2019

Jasamarga Pandaan Malang yang membangun proyek jalan tol sepanjang 38,35 kilometer. Jasa Marga memiliki saham terbesar dengan porsi 60 persen. PT Pembangunan Perumahan (Persero) mempunyai 35 persen dan sisanya 5 persen oleh PT Sarana Multi Infrastruktur

Pembangunan Seksi V Pakis-Malang sebenarnya sudah mencapai 77,3 persen. Tol Pakis-Malang ini direncanakan bisa dibuka secara fungsional pada liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tol Pandaan-Malang Akan Menunjang Pariwisata Jawa Timur

Tol Pandaan-Malang ini akan terhubung dengan Tol Gempol-Pandaan. Kedua tol ini akan menghubungkan Surabaya dan Malang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berharap kalau tol ini bisa menjadi bagian vital arus mobilisasi orang dan barang antara Surabaya dengan Malang, dan juga sebaliknya.

Tol ini dapat mempercepat perjalanan kedua kota. Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat bisa mencapai empat hingga enam jam. Keberadaan tol, bisa memangkas waktu tempuh menjadi satu jam.

Baca juga: Batam Akan Miliki Jalan Tol, 70 Persen Didesain Melayang

Tol Pandaan-Malang ini pun diharapkan bisa menunjang sektor pariwisata. Ada sejumlah kawasan wisata di Malang dan sekitarnya seperti Taman Safari Prigen, Kebun Teh Wonosari, Candi Singosari, dan Kawasan Wisata Batu.

Selain itu, tol ini bisa meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rahman Saleh di Malang. Kawasan Ekonomi Khusus Singosari ini mencakup Kabupaten Malang.

Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan. Sejumlah perguruan tinggi ternama berada di kota ini, salah satunya Universitas Brawijaya.

Baca juga: Tol Pertama di Kalimantan Bakal Beroperasi Pada Akhir 2019

Bagikan: 1016 kali