tol layang jakarta-cikampek- rumah123.com Ilustrasi Tol Layang. Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Sudah Diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo. Masyarakat Bisa Menggunakan Tol Layang Ini Gratis Hingga Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tol Layang Jakarta-Cikampek telah diresmikan. Untuk sementara waktu, tol ini belum memiliki tarif dan bisa digunakan secara gratis.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) pada Kamis (12/12/2019). Saat meresmikan, Joko Widodo didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sejak Minggu (15/12/2019) pukul 06.00 WIB (Waktu Indonesia Barat), tol layang ini telah dibuka untuk umum. Masyarakat bisa menggunakannya secara gratis.

Baca juga: Tarif Tol Jagorawi Disesuaikan Mulai 19 Desember 2019

Situs berita online Kompas.com melansir pernyataan Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru. Dwimawan menyatakan, “Ketentuan tarif untuk sementara waktu.”

Basuki pernah menyatakan tol layang ini akan dioperasikan secara gratis selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selama kurun waktu ini, ada sosialisasi mengenai tol layang ini.

Tol Layang Jakarta-Cikampek ini memiliki panjang 36,4 kilometer (km). Ruas ini menjadi tol layang terpanjang di Indonesia.

Baca juga: Percepat Pengerjaan Proyek, Pemerintah Indonesia Akan Ambil Alih Tol Cisumdawu

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono menyatakan besar tarif masih dibahas dengan Kementerian PUPR. JJC merupakan badan usaha  jalan tol (BUJT) yang memegang konsensi Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Rute untuk Mengakses Tol Layang Jakarta-Cikampek

Bagi kamu para pengendara yang ingin melintasi ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek ini, kamu bisa melalui Jalan Tol Dalam Kota (Jakarta Inner Ring Road) dari arah Halim Perdanakusuma/Cawang. Kemudian kamu mengaksesnya melalui KM 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Untuk pengguna kendaraan yang melintas dari Jatiasih, Bekasi, kamu bisa masuk melalui akses KM 45 Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road).

Sementara bagi pengendara dari arah Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, kamu bisa mengaksesnya melalui KM 46 JORR. Semua ini adalah rute pengendarara dari arah Jakarta.

Baca juga: Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Resmi Beroperasi

Bagaimana dengan pengendara yang ingin menuju ke arah Jakarta? Pengendara yang masuk dari Karawang Barat bisa mengakses melalui KM 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Setelah itu, pengendara keluar di Simpang Susun Cikunir KM 10 Tol Jakarta-Cikampek arah Halim Perdanakusuma/Cawang. Pilihan lainnya adalah Tol JORR arah Jatiasih.

Pengendara membayar tarif tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6. Pengendara juga bisa keluar dari Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Tol JORR di GT Cikunir 8.

Berhati-Hati Saat Melintasi Tol Layang Jakarta-Cikampek

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan batas kecepatan minimal kendaraan yang melintasi ruas ini adalah 60 kilometer per jam. Sedangkan batas kecepatan maksimal adalah 80 kilometer per jam. Pengendara diminta untuk berhati-hati saat melewati tol layang ini.

Kendaraan yang boleh melintas di tol layang ini adalah kendaraan golongan I. Yang termasuk kendaraan golongan I adalah sedan atau jip. Namun, bus dan truk dilarang melintas.

Tol layang ini memang dirancang untuk jarak jauh. Bagi mereka yang ingin ke Bandung melalui Tol Cipularang (Cikampei-Purwakarta-Padalarang) atau Cirebon melalui Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) disarankan untuk melalui Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Baca juga: 5.200 Kilometer Jalan Tol Akan Dibangun Hingga 2024, Mau Investasi Properti Di Mana?

Bagikan: 2282 kali